Derbi final Indonesia Open 2019 jadi laga penutup hari ini

Minggu, 21 Juli 2019 | 09:44 WIB Sumber: Kompas.com
Derbi final Indonesia Open 2019 jadi laga penutup hari ini


INDONESIA OPEN 2019 - JAKARTA. Final Indonesia Open 2019 akan mengakhiri event di Istora, Senayan, hari ini, Minggu (21/7). Indonesia sukses meloloskan dua wakil pada final Indonesia Open 2019.

Derbi Indonesia akan terjadi pada final nomor ganda putra melalui Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Bagi kedua pasang pemain, ini merupakan pertemuan kesembilan.

Terakhir kali, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bertemu pada final Indonesia Masters 2019, Januari kemarin. Saat itu, Marcus/Kevin menang, dengan skor 21-17, 21-11. Marcus/Kevin secara keseluruhan mengantongi keunggulan 6-2 atas seniornya tersebut.

Berdasarkan jadwal Indonesia Open 2019 yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), partai puncak sesama wakil Indonesia akan disajikan pada laga kelima atau penutup. Sebelumnya, ada empat partai yang bertanding lebih dulu, dengan dua di antaranya merupakan derbi.

Pertandingan pembuka partai puncak turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut dibuka dengan final sesama wakil Jepang. Pasangan ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang merupakan unggulan ketiga akan menjumpai Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Fukushima/Hirota yang menjadi unggulan kedua pada turnamen ini mengantongi keunggulan 5-3 atas kompatriotnya tersebut.

Partai kedua akan menampilkan tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, dan Pusarla Venkata Sindhu (India). Sindhu punya rekor cemerlang atas Yamaguchi. Pebulutangkis asal India itu mencatat 10 kemenangan dari 14 pertemuan dengan Yamaguchi.

Laga dilanjutkan dengan derbi pada nomor ganda campuran yang mempertemukan dua wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dan Wang Yilyu/Huang Dongping. Partai ini bisa disebut ideal karena unggulan pertama dan kedua saling berebut gelar juara yang tahun lalu diraih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Selanjutnya, final tunggal putra akan menampilkan Chou Tien Chen (Taiwan) dan Anders Antonsen (Denmark). Sebelum pertemuan final terjadi, Chou memiliki rekam jejak positif dengan memenangi seluruh laga dari empat pertemuan mereka.

Jepang menjadi negara yang paling banyak mengirim wakil pada babak final dengan tiga wakil, diikuti Indonesia dan China (2 wakil). Adapun India, Taiwan, dan Denmark, masing-masing mengirim satu wakil.

Rangkaian pertandingan final Indonesia Open akan digelar pada Minggu (21/7), mulai pukul 14.00 WIB.

Berikut jadwal Indonesia Open 2019: 

WD: Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (3/JPN) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (2/JPN) Japan

WS: Akane Yamaguchi (4/JPN) vs Pusarla Venkata Sindhu (5/IND)

XD: Zheng Siwei/Huang Yaqiong (1/CHN) vs Wang Yilyu/Huang Dongping (2/CHN)

MS: Chou Tien Chen (4/TPE) vs Anders Antonsen (DEN)

MD: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1/INA) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (4/INA) 

Jadwal siaran langsung  Pertandingan final Indonesia Open 2019 akan disiarkan secara langsung oleh Trans7. Turnamen ini juga bisa disaksikan dengan cara mengakses live streaming yang tersedia di akun YouTube Djarum Badminton. (Jalu Wisnu Wirajati)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jadwal Final Indonesia Open 2019, Derbi Indonesia Laga Penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru