Desa Wisata Cibuntu, rekomendasi tempat wisata di Kuningan

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:09 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Desa Wisata Cibuntu, rekomendasi tempat wisata di Kuningan

ILUSTRASI. Suasana menuju Desa Wisata Cibuntu. Dok: Instagram?Desa Wisata Cibuntu


WISATA - Desa Wisata Cibuntu merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Kuningan, Jawa Barat. Lokasi desa ini tepat berada di Kecamatan Pesawahan.

Desa Wisata Cibuntu tidak hanya sekadar desa yang dijadikan tempat wisata. Pasalnya, desa ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN di kategori homestay pada 2016 lalu.

Lalu, Desa Wisata Cibuntu juga dinobatkan sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia pada 2017.

Wisatawan akan dibuat takjub ketika mengunjungi desa ini. Desa Wisata Cibuntu begitu bersih karena warganya bekerjasama merawat lingkungan, mulai dari rumah hingga kandang-kandang hewan peliharaan mereka.

Baca Juga: Curug Malela, air terjun yang lagi hits di Kabupaten Bandung Barat

Desa Wisata Cibuntu

Selain lingkungan yang bersih, Desa Wisata Cibuntu juga memiliki potensi alam, seperti Air Terjun Gongseng, Mata Air Kahuripan, Situs Saurip Kidul, dan bentang alam Gunung Ciremai yang masih asri.

Desa wisata ini bisa pengunjung sambangi sendiri atau berkelompok. Setiap orang akan dikenakan tarif Rp 5.000.

Mengunjungi Desa Wisata Cibuntu memang tidak cukup satu hari saja. Namun, jangan khawatir, warga menyediakan homestay dengan tarif mulai dari Rp 100.000 per malam. Ada juga yang menawarkan paket tur dengan berbagai fasilitas lengkap.

Selama masa pandemi, Desa Wisata Cibuntu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mencuci tangan secara berkala, memakai masker, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selanjutnya: Promo Trans Studio Bandung beli 1 gratis 1, diperpanjang sampai 31 Oktober 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru