Dua hari lagi gerhana matahari (21/6), tapi 83 kota ini tak bisa menikmati

Jumat, 19 Juni 2020 | 08:48 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Dua hari lagi gerhana matahari (21/6), tapi 83 kota ini tak bisa menikmati

ILUSTRASI. Dua hari lagi gerhana matahari (21/6), ada 83 kota di Indonesia tak bisa menikmati. REUTERS/Mike Blake.


KABAR DISKON - JAKARTA. Gerhana matahari cincin kembali melintasi wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bakal kedatangan gerhana matahari cincin pada tanggal 21 Juni 2020 mendatang.

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Adapun gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Baca Juga: Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 tak melintasi 83 kota ini

Akibatnya, saat puncak gerhana berlangsung, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Itulah asal muasal sebutan cincin pada jenis gerhana matahari yang seperti itu.

Gerhana matahari cincin akan "melewati" Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

Gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020 mendatang juga bakal dapat diamati di sedikit Afrika bagian utara dan timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik.

Lintasan Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020

Sayang sekali tidak seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati keseluruhan proses gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020 nanti.

Wilayah ini tak dilewati gerhana matahari 21 Juni 2020 >> 

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru