Eks Kapolri Badrodin pendekar karate Inkanas

Senin, 07 November 2016 | 15:06 WIB Sumber: Kompas.com
Eks Kapolri Badrodin pendekar karate Inkanas


Denpasar. Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti tampak di Sidang Umum Interpol ke 85 di Denpasar, Bali. Setelah empat bulan pensiun, ada yang baru dari penampilan Badrodin. Selama menjabat Kapolri, Badrodin tampil kelimis dengan kumis tipis bertengger di atas bibir.

Namun, saat ditemui di sela Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali, penampilannya berbeda. Kini, jenggot yang tak begitu lebat menghiasi dagunya.

"Ini kan tandanya pensiun. Kalau belum pensiun, belum bisa pakai jenggot," ujar Badrodin sambil menyunggingkan tawa kecilnya yang khas, Senin (7/11/2016).

Badrodin mengatakan, setelah pensiun, hari-harinya banyak diisi dengan kegiatan bersama keluarga. Apalagi, ia baru beberapa bulan lalu memperoleh cucu. Badrodin juga aktif sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Karate-Do Nasional (Inkanas).

Bahkan ia memperoleh sabuk hitam karate oleh Inkanas. "Saya sekarang kerja sosial saja, membina karate, momong cucu," kata dia.

Mengenai Sidang Umum Interpol, Badrodin meminta agar para delegasi memanfaatkannya untuk membahas strategi menghadapi kejahatan transnasional.

Terutama dalam isu terorisme dan narkotika. Dalam dua kejahatan ini, banyak pelaku dari Indonesia atau melakukan kejahatan di Indonesia yang bersembunyi di luar negeri.

Permasalahan tersebut sulit diselesaikan sendiri oleh negara manapun. "Kita harus bisa memanfaatkan momentum untuk bisa membantu memecahkan masalah-masalah strategis dalam kaitannya dengan organize crime," kata Badrodin.

(Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru