Festival tahunan Singapore Design Week 2019 kembali digelar

Jumat, 08 Maret 2019 | 15:06 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Festival tahunan Singapore Design Week 2019 kembali digelar


PAMERAN - SINGAPURA. Singapore Design Week (SDW) 2019 kembali menghadirkan Brainstorm Design, SingaPlural, “ground-up district activation” dan Forum Publik Desain Kota Kreatif UNESCO untuk yang pertama kalinya.

Singapore Design Week adalah ajang festival tahunan desain terkemuka Asia yang sudah keenam kalinya digelar. Ajang tahunan ini digelar 4-17 Maret 2019 dengan menampilkan berbagai program kolaborasi bersama pelaku industri serta komunitas seniman Singapura dan internasional.

Direktur Eksekutif DesignSingapore Council Mark Wee menuturkan Singapore Design Week 2019 bertujuan untuk mendorong pengunjung mengeksplorasi dan memahami pendekatan desain, serta bagaimana hal ini dapat membawa hasil kreatif yang memiliki dampak positif bagi kehidupan pengunjung sendiri.

“Kami ingin memfasilitasi gerakan awal untuk adopsi desain. Festival 2019 akan membantu membangun kemampuan industri, dan memfasilitasi kolaborasi secara lokal dan internasional, karena kami berupaya mencapai tujuan menjadi Kota Desain Global," jelas Mark Wee dalam siaran pers tertulis yang diterima Kontan.co.id pada Jumat (8/3).

DesignSingapore Council (Dsg) juga akan bekerja sama dengan mitra luar negeri untuk menghasilkan program yang lebih kaya di SDW 2019. Salah satunya adalah Forum Publik Desain Kota Kreatif UNESCO yang pertama kali diadakan.

Forum Publik Desain Kota UNESCO akan mengundang peserta untuk membahas bagaimana desain yang baik dapat memberikan dampak di berbagai aspek kehidupan mereka.

SDW 2019 diselenggarakan oleh DesignSingapore Council (Dsg) bekerja sama dengan Fortune dan Wallpaper untuk program Brainstorm Design, serta dengan Singapore Furniture Industries Council (SFIC) untuk SingaPlural, ajang ini mengeksplorasi lebih mendalam kompleksitas hubungan antara desain, dampaknya serta evolusinya.

Pameran International Furniture Fair Singapore (IFFS), akan diadakan di lokasi baru di Marina Bay Sands, sementara itu Dsg akan terus bermitra dengan Wallpaper untuk menghadirkan Wallpaper Handmade Exhibition.

Handmade akan memamerkan karya-karya dari delapan kreator Singapura di Museum Nasional Singapura. Bersama dengan National Heritage Board (NHB), Dsg akan menghidupkan Bras Basah di Kampung Bugis dengan karya seni publik dari berbagai seniman dan desainer.

SDW 2019 juga akan menampilkan Street of Clans, perayaan kreatif yang menyatukan berbagai komunitas tertua dan terbaru di Singapura di jantung Bukit Pasoh Road.

Acara ini akan diorganisir oleh studio kreatif lokal, OuterEditSingapore Urban Design Festival (#UDFSG) yang populer, diselenggarakan oleh LOPELAB, dan akan membuat gebrakan baru melalui pemanfaatan tempat parkir bertingkat di Jalan Besar, menyoroti potensi ruang yang selama ini kurang dimanfaatkan untuk menyatukan komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru