Film Parasite terpilih mewakili Korea Selatan di ajang Oscar 2020

Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:44 WIB   Reporter: Yasmine Maghfira
Film Parasite terpilih mewakili Korea Selatan di ajang Oscar 2020

ILUSTRASI.


FILM - JAKARTA. Film asal Korea Selatan Parasite yang memenangkan penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes, terpilih untuk mewakili Korea Selatan di ajang Academy Awards 2020, kategori International Feature Film. 

Mengutip dari Korea Herald, Dewan Film Korea Selatan (KOFIC) mengatakan pada Kamis (22/8), mereka memilih film satir komedi gelap itu untuk bersaing dengan film dari negara lain guna memperebutkan nominasi Oscar.

Baca Juga: Sinopsis Weathering With You: Kisah pengendalian cuaca

Alasan KOFIC memilih Parasite karena pencapaian film garapan sutradara Bong Joon-ho yang meraih Palme D'Or di Festival Film Cannes tahun ini. Reputasi sang sutradara di seluruh dunia serta kualitas artistik dan sinematis film itu juga menjadi faktor penentu dari KOFIC.

Palme D'Or atau Palem Emas merupakan hadiah tertinggi yang diberikan kepada sebuah film di Festival Film Cannes dan disampaikan kepada sutradara film terbaik kompetisi utama.

Baca Juga: Keren, Atta Halilintar masuk daftar 10 YouTuber paling tajir dunia

Mengutip dari Variety, Parasite menjadi film kedua Bong yang terpilih untuk didaftarkan masuk nominasi Piala Oscar. Film pertamanya yang didaftarkan adalah Mother yang rilis pada 2006 silam. Parasite adalah film fitur ketujuh Bong Joon-ho yang mana ia juga menggarap film berbahasa Inggris seperti Snowpiercer (2013) dan Okja (2017).

Film Parasite bercerita tentang dua keluarga, satu kaya dan satu miskin. Gambar besarnya, film itu menceritakan kisah sepasang suami istri dan dua anaknya yang berjuang keluar dari kemiskinan dengan cara menjadi parasit di sebuah keluarga kaya raya.

Sebetulnya, film Parasite sudah masuk radar Oscar selama berbulan-bulan. Distributor film Amerika Serikat (AS) NEON telah memposisikan film itu sebagai penantang utama di ajang Oscar tahun depan setelah kemenangan Parasite di Festival Film Cannes pada Mei lalu. NEON juga telah menetapkan tanggal rilis film tersebut di Amerika Serikat (AS) pada 11 Oktober mendatang di Los Angeles (LA) dan New York.

Sementara itu, nominasi akhir untuk Academy Awards 2020 alias Oscar akan diumumkan pada bulan Januari 2020, sedangkan ajang tersebut akan diselenggarakan pada 9 Februari tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru