Gagal UTBK-SBMPTN 2020 bukan akhir segalanya, ini sebagian daya tarik PTS

Senin, 06 Juli 2020 | 17:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Gagal UTBK-SBMPTN 2020 bukan akhir segalanya, ini sebagian daya tarik PTS

ILUSTRASI. Gagal UTBK-SBMPTN 2020 bukan akhir segalanya, ini keunggulan PTS dibanding PTN. April 22, 2016. REUTERS/Jason Reed/File Photo


UTBK-SBMPTN - JAKARTA. Semua peserta UTBK-SBMPTN 2020 tentunya berharap agar dapat lolos dan melanjutkan kuliah di universitas idaman. Terbatasnya kuota dan ketatnya persaingan, terkadang membuat peserta yang tidak beruntung harus berbesar hati. 

UTBK-SBMPTN 2020 sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2020 untuk tahap pertama, dan tahap kedua pada 20-29 Juli 2020. Untuk pengumuman UTBK sendiri diumumkan pada 20 Agustus 2020. Masih cukup lama, namun ada baiknya jika Anda sudah mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan. 

Opsi ujian mandiri dari PTN menjadi pilihan terakhir agar bisa melanjutkan pendidikan di tempat favorit. Namun, tidak sedikit yang harus kembai rela melepas kesempatan berkuliah di PTN, karena belum memenuhi kualifikasi dari PTN tujuan.

Baca Juga: Catat, ini jadwal ujian mandiri 2020 PTN favorit di Indonesia

Anda tidak perlu down hingga membuat Anda kecil hati, banyak di luar sana PTS yang berkualitas dan mampu bersaing dengan PTN favorit.

Selain karena relatif lebih mudah, kuota yg disediakan PTS juga cukup banyak dibanding PTN. Lalu apa saja keunggulan PTS selain dua hal sebelumnya? Berikut ulasannya.

Jam kuliah yang fleksibel 

Mahasiswa yangg lolos UTBK-SBMPTN, kedepannya akan dihadapkan dengan jadwal kuliah yg strict. Kebanyakan PTN menerapkan jam kuliah pagi hingga sore hari di weekdays. Kebijakan ini akan memberatkan beberapa mahasiswa yg memiliki pekerjaan sambilan pada pagi hari. 

PTS menawarkan jam kuliah yang cukup longgar, dimana mahasiswa dapat memilih kelas reguler atau kelas malam. Kelas reguler tidak jauh berbeda dengan PTN, sedangkan kelas malam biasa ditawarkan untuk karyawan yang pagi harinya bekerja.

Fasilitas lengkap dan bagus

Biaya pendidikan PTN yg terjangkau, membuat banyak calon mahasiswa memilih mengikuti UTBK-SBMPTN 2020. Tetapi dengan adanya UKT, biaya pendidikan di PTN tidak selalu terjangkau. Hal ini kadang tidak diimbangi dengan fasilitas kampus yg baik.

Di kebanyakan PTS, kondisi fasilitas dan gedung sangat dijaga. Hal ini lah yang membuat biaya pendidikan di PTS lebih mahal dibanding PTN. Di PTS, kenyamanan perkuliahan menjadi perhatian nomor satu. Beberapa universitas swasta bahkan memilih area olahraga dan asrama bagi mahasiswanya. 

Baca Juga: Catat! Protokol kesehatan selama UTBK-SBMPTN 2020 yang kudu diperhatikan

Banyak kesempatan beasiswa

Berbeda dg PTN yang berdiri dibawah naungan pemerintah, PTS kebanyakan didirikan lembaga dan yayasan. Sering kali lembaga tersebut membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa, bahkan yang baru masuk sekalipun.

Selain beasiswa dari lembaga, beasiswa lain dari luar universitas juga banyak ditawarkan di PTS, jadi kesempatan untuk mengambil beasiswa tak kalah besar. 

Lulusan PTS mampu bersaing di dunia kerja

Tidak selamanya lulusan PTN memiliki keterampilan di atas rata-rata. Lulusan PTS juga banyak yang memiliki karir bagus hingga diterima menjadi PNS. Tidak jarang lulusan PTS lebih melejit karinya karena universitas mereka memiliki jaringan alumni yang cukup solid dan besar.

Jadi gagal dalam UTBK-SBMPTN 2020 bukan hal yg memalukan, karena kesuksesan bisa diraih dg jalan yg beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru