Hari ini posisi Bumi berada pada titik Aphelion, berikut penjelasannya

Sabtu, 04 Juli 2020 | 06:55 WIB   Reporter: kompas.com
Hari ini posisi Bumi berada pada titik Aphelion, berikut penjelasannya

ILUSTRASI. Seorang pria yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati bola dunia, setelah keputusan pemerintah untuk menutup bioskop, sekolah, dan mendesak orang untuk bekerja dari rumah dan tidak berdiri lebih dekat dari satu meter satu sama lain, di Milan, It


PLANET BUMI - JAKARTA. Bumi akan berada pada titik Aphelion pada hari ini, Sabtu (4/7) sekitar pukul 18.34 WIB. Lalu, apa itu aphelion?

"Aphelion adalah posisi Bumi terjauh saat perputarannya mengitari Matahari dalam setahun," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging kepada Kompas.com, Jumat (3/7). 

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antarikas (LAPAN) Andi Pangerang menjelaskan, Aphelion terjadi karena orbit Bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna. 

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek berpotensi hujan ringan, tetap bawa payung

"Tak sepenuhnya lingkaran, tetapi berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60," ujar Andi kepada Kompas.com

Tak hanya Aphelion, setiap tahun Bumi juga berada pada jarak terdekat dengan Matahari atau disebut Perihelion. Perihelion, Andi bilang, terjadi setiap Januari. 

Sementara Bumi berada pada jarak terjauh dari Matahari atau Aphelion setiap Juli. "Untuk tahun ini, Aphelion terjadi pada Sabtu (4/7) pukul 18.34 WIB pada jarak 152.095.295 km," kata Andi.

Apa dampak bagi Bumi saat berada di titik Aphelion? Andi mengatakan, secara umum tidak ada dampak yang signifikan terhadap Bumi.

Baca Juga: Waspada, hujan lebat dan angin kencang bisa terjadi di wilayah ini hingga 4 Juli

Benarkah Aphelion menyebabkan suhu dingin?

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru