Hari ini YouTube Music tersedia di Play Store dan App Store, begini fitur-fiturnya

Kamis, 07 November 2019 | 18:25 WIB   Reporter: kompas.com
Hari ini YouTube Music tersedia di Play Store dan App Store, begini fitur-fiturnya

ILUSTRASI. Youtube


INDUSTRI MUSIK - JAKARTA. Setelah meluncur di beberapa negara, Google akhirnya resmi memboyong layanan streaming YouTube Music ke Indonesia. Hari ini (7/11), aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan iOS App Store di wilayah Indonesia.

Google memutuskan untuk merilis layanan berbasis musik itu lantaran melihat industri musik di Indonesia, khususnya untuk ranah streaming, cukup potensial. Indonesia pun menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang kebagian aplikasi YouTube Music.

Baca Juga: Google Maps mode penyamaran resmi meluncur, begini cara aktivasinya

"YouTube Music meluncur (serentak) di tujuh negara lain, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia," ujar Ruuben Van Den Heuvel, Head of Music Content Partnerships YouTube & Google Play (ANZ & SEA), kepada KompasTekno lewat video conference di kantor Google di Jakarta, Selasa (5/11).

YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik yang mirip Spotify. Pengguna bisa streaming musik lewat aplikasi YouTube Music secara gratis tapi diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, pengguna harus membayar biaya langganan.

YouTube Music punya fitur pencarian ala Google, yang memungkinkan pengguna mencari konten musik lewat kata kunci apa pun di aplikasi tersebut. Jika pengguna tidak tahu judul lagu yang ingin mereka dengar, misalnya, mereka bisa mencari berdasarkan lirik lagu.

Baca Juga: Sony Picture rilis official trailer aksi Vin Diesel dalam film Bloodshoot di YouTube

"Kami menggunakan Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari," kata Brandon Bilinski, Product Manager YouTube Music, dalam kesempatan yang sama.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru