Hasil Liga Italia: Ditaklukkan Napoli, AC Milan kian tertinggal dari puncak klasemen

Senin, 15 Maret 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Hasil Liga Italia: Ditaklukkan Napoli, AC Milan kian tertinggal dari puncak klasemen


LIGA ITALIA - JAKARTA. AC Milan mesti rela menyerah di tangan Napoli asuhan Gennaro Gatusso dengan skor 0-1. Laga AC Milan vs Napoli pada pekan ke-27 Liga Italia 2020-2021 dipanggungkan di Stadion San Siro, Minggu (14/3) atau Senin dini hari WIB. 

Napoli yang dibesut eks pemain AC Milan, Gennaro Gattuso, berhasil mencuri kemenangan di Stadion San Siro. 

Kemenangan Partenopei, julukan Napoli, dipastikan oleh sepakan presisi dari penyerang sayap lincah Matteo Politano pada awal babak kedua. 

Hasil minor saat melawan Napoli menempatkan AC Milan dalam posisi sulit dalam upaya mereka bersaing dengan sang tetangga Inter Milan di jalur juara. Kini Rossoneri, julukan AC Milan, tertinggal 9 angka dari Inter yang gagah berada di puncak klasemen. 

Sebaliknya, Gattuso sukses mengukir sejarah. Untuk pertama kali dalam kapasitas sebagai pelatih, Gattuso mampu menaklukkan AC Milan. 

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Bantai Fulham, Manchester City kokoh di puncak klasemen

Dalam dua kesempatan sebelumnya bersua Rossoneri, Gattuso hanya meraup satu skor imbang dan sebiji kekalahan. Saat menjamu Napoli, tuan rumah AC Milan sejatinya mendapatkan tambahan amunisi berharga berupa kepulihan Theo Hernandez dan Hakan Calhanoglu. 

Theo Hernandez dan Hakan Calhanoglu yang absen membela AC Milan pada laga sebelumnya, kembali mengisi susunan starter tim saat menghadapi Napoli. 

Keduanya langsung melakukan kombinasi apik yang melahirkan peluang pertama AC Milan pada menit ke-11. Namun skor belum berubah mengingat operan satu-dua yang berujung dengan sepakan lengkung Calhanoglu masih melayang di atas mistar gawang Napoli. 

Sengatan AC Milan tersebut direspons Napoli lewat sepasang kans bagus dari Piotr Zielinski, masing-masing pada menit ke-16 dan 30. Upaya pertama Zielinski tertahan oleh ketangguhan Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang AC Milan, sementara kans apik kedua sang gelandang asal Polandia masih tipis melebar. 

Secara keseluruhan, Napoli lebih dominan dalam hal penguasaan bola di interval pertama laga dan AC Milan kerap mencoba mencuri momentum via skema transisi cepat. 

Dominasi Napoli baru membuahkan hasil di awal babak kedua. Matteo Politano mengantar Napoli unggul via sepakan kaki kirinya. Menerima operan Zielinski dari tengah lapangan, Politano yang berada d sisi kiri pertahanan AC Milan secara tenang menempatkan bola ke sudut gawang Donnarumma. 

Baca Juga: Man United vs AC Milan: Imbang 1-1, Rosseneri tahan Setan Merah di Old Trafford

Unggul tak membuat Napoli mengendur. Tim tamu bahkan punya kans menggandakan keunggulan via sepakan jarak dekat Fabian Ruiz pada menit ke-58. Sial buat Napoli, Donnarumma tampil sigap dan berhasil menepis upaya dari Fabian Ruiz. 

AC Milan mencoba bangkit dan bereaksi. Upaya terbaik mencetak gol balasan datang dari Rafael Leao di menit 66 dan pemain pengganti, Ante Rebic pada menit 71, via skema bola silang. 
Namun, kecekatan David Ospina di bawah mistar gawang Napoli mencegah hadirnya gol penyama level buat AC Milan. 

Milan sempat harap-harap cemas di pengujung laga ketika wasit memutuskan untuk meninjau insiden antara Theo Hernandez dan Victor Oshimen di kotak penalti. 

Akan tetapi, hadiah penalti yang diharapkan kubu Milan tak datang lantaran sang pengadil, Fabrizio Pasqua, menganggap kontak tersebut hanyalah benturan wajar. 

Situasi kian rumit buat AC Milan lantaran Ante Rebic mendapatkan kartu merah pada menit ke-92. Pada akhirnya, sampai 90 menit pertandingan berlangsung AC Milan gagal mencetak gol balasan. 
Untuk kali ketiga, Milan gagal mencetak gol dalam laga Serie A musim ini. Sebelum melawan Napoli, keran gol Rossoneri juga sempat macet saat bersua Atalanta (0-3) dan Spezia (0-2). (Sem Bagaskara)

AC Milan vs Napoli 0-1 (Politano 49’) 

Susunan Pemain 

AC Milan (4-2-3-1): 99-Donnarumma; 5-Dalot, 23-Tomori, 46-Gabbia, 19-Hernandez; 8-Tonali, 79-Kessie (18-Meite 67'); 7-Castillejo (56-Saelemaekers 60'), 10-Calhanoglu (21-Brahim Diaz), 33-Krunic (12-Rebic 60'); 17-Leao (15-Hauge 79'). 

Cadangan: 1-Tatarusanu, 90-A. Donnarumma, 20-Kalulu, 24-Kjaer. 

Pelatih: Stefano Pioli 

Napoli (4-2-3-1): 25-Ospina; 22-Di Lorenzo, 19-Maksimovic, 26-Koulibaly, 23-Hysaj; 8-Fabian Ruiz, 4-Demme (5-Bakayoko 80'); 21-Politano (6-Mario Rui 80'), 20-Zielinski (7-Elmas 75'), 24-Insigne; 14-Mertens (9-Oshimen 59’). 

Cadangan: 16-Contini, 1-Meret, 44-Manolas, 16-Contini Baranovsky, 3-Zedadka, 68-Lobotka, 58-Cioffi, 11-Lozano. 

Pelatih: Gennaro Gattuso

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil AC Milan Vs Napoli - Rebic Kartu Merah, Gattuso Ukir Sejarah".

 

Selanjutnya: Warga Argentina Unjuk Rasa menuntut Keadilan bagi Mendiang Diego Maradona

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru