Honda Fit, Civic Coupe dan Accord disuntik mati oleh Honda Amerika Serikat

Minggu, 19 Juli 2020 | 09:32 WIB Sumber: Autonews
 Honda Fit, Civic Coupe dan Accord disuntik mati oleh Honda Amerika Serikat


MOBIL HONDA - AMERIKA SERIKAT. Honda Amerika Serikat (AS) berencana menyuntik mati varian Honda Fit, Civic Coupe dan Accord transmisi Manual. 

Diketahui varian Honda Fit atau Jazz yang diluncurkan Honda Amerika merupakan desain ulang dari pasar Asia dan Eropa. Melansir dari Autonews, Honda tidak berencana untuk memproduksi Honda Fit di Amerika. Sebelumnya, Honda Civic Coupe 2020 merupakan seri terakhir yang meluncur di tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Simak 5 merek perusahaan paling mahal asal Jepang

Data penjualan Honda Fit telah turun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Honda menjual 56.630 unit di Amerika Serikat pada tahun 2016. Namun, jumlah tersebut turun menjadi sekitar 35.000 unit dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan angka tersebut, Honda Amerika Serikat memiliki alasan yang tepat dengan menyuntik mati Honda Fit. Selain varian Fit, Honda Civic Coupe pun terkena dampaknya.

Honda Civic Coupe

Penjualan Honda Civic Coupe kini hanya enam persen. Sebelumnya, Honda Amerika Serikat mengklaim Civic Coupe menyumbang penjualan sebesar 16 persen dari semua varian Civic.

Baca Juga: Honda recall 85.025 mobil karena fuel pump, ini tipe kendaraan yang bermasalah

Pada varian lainnya, Honda juga menyuntik mati Accord bertransmisi manual enam percepatan. Honda mengkonfirmasi hanya 2% pembeli memilih varian gearbox tersebut. Produksi Accord manual juga telah berakhir pada bulan Desember 2019.

Autonews mengatakan generasi Accord terbaru akan dirilis tahun depan. Asisten wakil presiden perencanaan produk Honda Amerika Serikat, Gary Robinson, mengatakan, "Kami (Honda) akan sangat fokus pada inovasi Civic dan Accord, yang secara efektif menciptakan citra merek Honda di AS,” ujar Gary dikutip dari Autonews.

Honda diketahui fokus pada pengembangan varian sedan dan hatchback. Salah satunya yakni Honda Civic yang diluncurkan pada tahun 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru