Indonesia promosi destinasi wisata alam di Arab Saudi

Jumat, 29 Maret 2019 | 10:42 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Indonesia promosi destinasi wisata alam di Arab Saudi


PAMERAN WISATA - JAKARTA. Pemerintah Indonesia mempromosikan sejumlah destinasi wisata alam dalam pameran pariwisata terbesar di Arab Saudi, yakni Saudi Aramco Travel Show 2019. Ini juga langkah Kemenpar menjaring lebih banyak wisman Timur Tengah berkunjung ke Indonesia.

Melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Indonesia menjadi satu-satunya National Tourism Organization (NTO) yang akan mempromosikan destinasi pariwisata saat ajang Saudi Aramco Travel Show di Al Midra Tower, Dammam, Arab Saudi, yang digelar pada 31 Maret - 2 April 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya, mengatakan pihaknya menerapkan strategi “Shifting to the Front” atau menggeser ke depan anggaran promosi pariwisata.

Termasuk salah satu cara menarik wisatawan mancanegara (wisman) asal Timur Tengah khusunya Arab Saudi. Oleh karena itulah pihaknya mengalokasikan anggaran secara khusus untuk berpromosi dalam ajang Saudi Aramco Travel Show yang digelar di awal tahun.

“Berpromosi di Arab Saudi perlu terus dilakukan lantaran wisman di kawasan itu memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu fokus pasar di Timur Tengah,” kata Nia dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (29/3).

Upaya mempromosikan destinasi alam juga dilakukan karena wisatawan Arab Saudi tahun lalu menurun. Salah satu faktor penurunan jumlah wisman juga karena faktor bencana yang terjadi di Tanah Air.

Pada 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisman dari wilayah Arab Saudi sebanyak 165.895 atau turun 8,89% dibanding pada 2017 yang mencapai 182.086 wisman.

"Kami menargetkan pada 2019 bisa mendatangkan setidaknya 200.000 wisman Arab Saudi berkunjung ke Indonesia," kata Nia.

Untuk itu, kata Nia nantinya dalam pameran di Arab Saudi, mempromosikan berbagai destinasi menarik favorit wisman di kawasan Timur Tengah. Di antaranya destinasi wisata Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bali. "Kami berharap ini bisa menjadi daya tarik wisman Arab Saudi lagi ke Indonesia,” ujar Nia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru