Ingat, malam ini puncak hujan meteor Eta Aquarids di langit Indonesia

Senin, 04 Mei 2020 | 12:24 WIB Sumber: Kompas.com
Ingat, malam ini puncak hujan meteor Eta Aquarids di langit Indonesia


INDONESIA - JAKARTA. Fenomena hujan meteor menjadi hal menarik yang dapat Anda saksikan. Nah, kebetulan nanti malam, Anda dapat menyaksikan hujan meteor dari wilayah Indonesia. 

Namanya adalah hujan meteor Eta Aquarids. Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan bahwa fenomena meteor Eta Aquarids ini rutin terjadi setiap tahunnya. 

Hujan meteor ini berlangsung setiap tahun dari 19 April hingga 28 Mei. Di tahun 2020, hujan meteor Eta Aquarids diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tanggal 4-5 Mei, dengan intensitas maksimum hingga 60 meteor per jam. 

Baca Juga: Jangan lewatkan, hujan meteor Lyrids terjadi malam ini

"Iya (hujan meteor Eta Aqurids) ini tergolong deras dengan intensitas 60 meteor per jam. Intensitas meteor tertinggi itu 120 meteor per jam. jadi ya cukup lumayan," kata Marufin kepada Kompas.com, Kamis (30/4). 

Aktivitas hujan meteor dengan intensitas maksimum 60 meteor per jam ini sebagian besar dapat terlihat di belahan bumi selatan. Sedangkan, di belahan bumi utara intensitasnya hanya dapat mencapai sekitar 30 meteor per jam. 

"Paling baik disaksikan dari belahan bumi selatan, termasuk Indonesia," kata dia. 

Namun, karena adanya eksistensi bulan menjelang purnama, ini akan berpengaruh dan mereduksi penampakannya menjadi separuhnya saja atau kurang. 

Baca Juga: Salah satunya terjadi hari ini, ada tiga fenomena langit pada April 2020

Hujan meteor Eta Aquarids berasal dari debu-debu halus yang dilepaskan oleh komet Halley. "Lebih spesifik lagi, ini (hujan meteor Eta Aquarids) debunya komet Halley yang legendaris," tutur Marufin

Untuk diketahui, komet Halley menjadi legendaris karena sudah dikenal sejak zaman kuno hingga saat ini disebutkan masih terserak debu di sepanjang lintasannya. Anda yang ingin menyaksikan ini bisa dilakukan di semua tempat di Indonesia. "Asalkan langitnya gelap," pungkas Marufin. (Ellyvon Pranita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Malam Ini, Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids Menghiasi Langit Indonesia".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru