Ingin jaket sepeda motor tetap awet? Simak tips perawatannya dari Astra Honda Motor

Senin, 18 Mei 2020 | 19:28 WIB   Reporter: Muhammad Julian
Ingin jaket sepeda motor tetap awet? Simak tips perawatannya dari Astra Honda Motor

Perawatan jaket pengemudi sepeda motor


OTOMOTIF - JAKARTA. Jaket merupakan salah satu atribut berkendara yang penting bagi pengemudi sepeda motor. Selain berfungsi memberi keamanan bagi penggunanya, jaket juga telah menjadi bagian dari fashion. Sayangnya, jaket bisa rusak karena jamur ataupun sebab-sebab lainnya. Oleh karenanya, perawatan jaket menjadi penting untuk dilakukan untuk mencegah kerusakan.

Perawatan jaket pun perlu dilakukan secara hati-hati, karena setiap jenis jaket memiliki cara perawatannya sendiri. Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) telah merangkum enam tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga agar jaket tetap awet dan prima.

Baca Juga: Ingin motor tetap prima meski jarang dipakai? Ini tips perawatan dari Honda

Pertama,  ikuti instruksi sesuai label yang terdapat di balik Jaket dalam melakukan pencucian. Seperti telah disinggung jaket untuk bermotor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.

Kedua, apabila hendak mencuci jaket, pemilik sebaiknya mengeluarkan pelindung jaket dari bagian kantongnya. Perlu diketahui bahwa jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung pada bagian bahu, siku, dan punggung. Pelindung jaket bisa merusak sisi jaket apabila tidak dikeluarkan sebelum dicuci.

Ketiga, sebelum mencuci jaket, pemilik jaket sebaiknya menyikat bagian-bagian yang kotor terlebih dahulu. Dalam menyikat jaket, pemilik jaket sebaiknya menggunakan  sikat yang lembut beserta sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air. Dalam hal jaket berbahan kulit, hindari membersihkan jaket dengan cara menyikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber.

Keempat, dalam mencuci jaket sebaiknya pemilik jaket sebaiknya menggunakan tangan secara manual. Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keawetan jaket, terutama bila jaket berbahan kulit. Namun untuk kepraktisan tetap diperbolehkan menggunakan mesin cuci untuk jaket selain berbahan kulit.

Baca Juga: Pandemi corona, AHM dukung kegiatan belajar di rumah melalui Edukasi Satu Hati

Kelima, dalam mengeringkan jaket yang telah dicuci, pengguna jaket perlu menghindarkan jaket dari paparan langsung sinar matahari. Untuk mempercepat waktu pengeringan pemilik bisa menggunakan kipas angin.

Terakhir, jaket sepeda motor sebaiknya disimpan di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Agar lebih awet disarankan untuk tidak dilipat. Selain itu, lokasi penyimpanan sebaiknya juga tidak terkena matahari langsung. Dengan melakukan keenam tips di atas, kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembab serta penurunan kualitas bahan dari jaket bisa dicegah.

“Kondisi jaket yang prima tidak hanya mendukung tampilan dalam berkendara, namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara baik untuk perjalanan commuter maupun turing,” kata Parts Accesoris & Apparel Manager PT Astra Honda Motor, Tony Kurniawan dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru