Ini 7 Jurusan Kuliah yang Sering Jadi Incaran HRD Perusahaan

Senin, 14 Agustus 2023 | 18:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 7 Jurusan Kuliah yang Sering Jadi Incaran HRD Perusahaan

ILUSTRASI. Mahasiswa wisuda. REUTERS/Jason Reed/File Photo


Jurusan Kuliah - JAKARTA. Jangan sembarangan memilih jurusan kuliah! Kok? Soalnya, tidak semua jurusan kuliah memiliki ketersediaan lapangan pekerjaan yang luas.

Alhasil, salah memilih jurusan kuliah, bisa-bisa Anda sulit mendapatkan pekerjaan. Mimpi buruknya adalah, menjadi pengangguran untuk waktu yang cukup lama.   

Beberapa jurusan kuliah memang jadi incaran banyak perusahaan, tetapi ada yang sebaliknya. Jika orientasinya adalah bekerja setelah lulus kuliah, sebaiknya Anda memilih satu di antara 7 jurusan kuliah berikut: 

Ilmu hukum

Sebagai negara hukum, Indonesia tentu memiliki banyak peraturan perundang-undangan yang perlu masyarakat patuhi termasuk pelaku usaha. Semua perusahaan, baik yang berskala besar maupun kecil, memiliki hak dan kewajiban hukum yang harus mereka pahami. 

Baca Juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2023, Lulusan Semua Jurusan Bisa Daftar

Dengan keberadaan lulusan ilmu hukum, perusahaan bisa lebih sadar dengan masalah peraturan perundang-undangan. Lulusan ilmu hukum bisa memberikan arahan terkait dengan peraturan perundang-undangan yang mengikat perusahaan hingga karyawan. 

Marketing

Salah satu nyawa dari sebuah perusahaan terletak di divisi penjualan dan pemasaran. Di divisi inilah perusahaan mencari dan mendapatkan uang.

Dengan ilmu yang mereka dapatkan selama di bangku kulian, harapannya lulusan marketing bisa meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan. 

Akuntansi

Jika sales dan marketing adalah divisi “penghasil uang”, bagian keuangan dengan lulusan akuntansi di dalamnya adalah jajaran yang mengatur uang perusahaan. Para lulusan akuntansi dibutuhkan untuk mengatur keuangan perusahaan, mulai uang masuk, pengeluaran kantor, hingga gaji karyawan. 

Baca Juga: Syarat Daftar Jalur Mandiri ITPLN Tahun 2023, Lulus Bisa Kerja di PLN Group

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru