Ini bocoran jadwal MotoGP 2020, dimulai Juli di Sirkuit Jerez Spanyol

Senin, 08 Juni 2020 | 14:05 WIB Sumber: BolaSport
Ini bocoran jadwal MotoGP 2020, dimulai Juli di Sirkuit Jerez Spanyol

ILUSTRASI. Maverick Vinales menjajal Sirkuit Phillip Island pada latihan bebas MotoGP Australia 2019, 27 Oktobe


OLAHRAGA - JAKARTA. Bocoran soal jadwal MotoGP 2020 menunjukkan kejuaraan akan dimulai kembali pada Juli dengan potensi 15 seri pada musim ini. Jadwal MotoGP 2020 masih belum diketahui. Dorna Sports selaku penyelenggara kejuaraan belum mengumumkan rangkaian seri balap musim ini.

Menyusun ulang jadwal MotoGP 2020 memang bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, MotoGP harus menyesuaikan diri dengan berbagai pembatasan yang diberlakukan di tiap negara tuan rumah pasca-pandemi virus corona.

Baca Juga: MotoGP Australia dan Inggris 2020 dibatalkan karena pandemi corona belum mereda

CEO Dorna, Carmelo Ezepelta, baru berencana meluncurkan jadwal MotoGP 2020 untuk seri-seri balap di Benua Eropa saja. "Kami berharap bisa mengumumkan jadwal baru pada pekan depan," kata Ezpeleta pada awal Juni lalu, seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

"Awal kejuaraan, jika semuanya berjalan lancar, pada 19 Juli di Jerez. Balapan terakhir dalam jadwal ini akan berlangsung pada awal November dengan 12 atau 13 seri."

Adapun kepastian soal seri balap di luar Eropa: Thailand, Malaysia, Argentina, dan Americas, baru akan diketahui paling lambat pada akhir Juli. Dikutip BolaSport.com dari Speedweek, jadwal MotoGP 2020 tidak akan diumumkan sebelum pertengahan Juni karena sejauh ini baru lokasi balapan saja yang diketahui.

Setelah dua balapan pembuka di Sirkuit Jerez (Spanyol) pada 19 dan 26 Juli, kompetisi MotoGP 2020 dilanjutkan di Sirkuit Brno (Rep.Ceska) dan Red Bull Ring (Austria). Red Bull Ring akan menggelar dua balapan pada 16 dan 23 Agustus. Sementara balapan Brno direncanakan berlangsung pada 9 Agustus kendati masih bisa berubah.

Baca Juga: Ini upaya Bappenas dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19

Kemudian bulan September akan membuat balapan di Sirkuit Misano (Italia) dan Sirkuit Aragon (Spanyol). Namun, tanggal pasti masih belum diketahui. Balapan pertama di Misano dijadwalkan pada 6 September. Namun potensi bentrok dengan F1 GP Italia membuat balapan kandang Valentino Rossi itu diundur satu pekan.

Adapun sirkuit lainnya yang akan menjadi tuan rumah MotoGP adalah Sirkuit Catalunya, Sirkuit Valencia (Spanyol), dan Sirkuit Le Mans (Prancis). Jika beruntung, MotoGP 2020 akan diperpanjang hingga awal Desember dengan balapan di Sirkuit Buriram (Thailand) dan Sirkuit Sepan (Malaysia).

Perlu diingat bahwa balapan di negara tetangga Indonesia itu hanya bisa dilangsungkan apabila penonton diperbolehkan datang. Pemasukan tiket sangat krusial bagi promotor balapan di luar kawasan Eropa karena perjalanan yang lebih jauh membuat biaya yang disetorkan lebih mahal.

Baca Juga: Pandemi virus corona belum usai, MotoGP Jepang akhirnya dibatalkan

Prediksi Jadwal MotoGP 2020*

19 Juli - Sirkuit Jerez, Spanyol
26 Juli - Sirkuit Jerez, Spanyol
9 Agustus - Sirkuit Brno, Rep. Ceska
16 Agustus - Red Bull Ring, Austria
23 Agustus - Red Bull Ring, Austria
6 September - Sirkuit Misano, Italia
13 September - Sirkuit Misano, Italia
27 September - Sirkuit Aragon, Spanyol
4 Oktober - Sirkuit Aragon, Spanyol
11 Oktober - Sirkuit Le Mans, Prancis (belum pasti)

Baca Juga: Valentino Rossi dinilai masih mampu bersaing di ajang MotoGP

25 Oktober - Sirkuit Catalunya, Spanyol
8 November - Sirkuit Valencia, Spanyol
15 November - Sirkuit Valencia, Spanyol
29 November - Sirkuit Buriram, Thailand (belum pasti)
6 Desember - Sirkuit Sepang, Malaysia (belum pasti)

* masih bisa berubah

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Bocoran Jadwal MotoGP 2020 - Termasuk Balapan di Thailand dan Malaysia"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru