Bukan pertalite dan premium, ini daftar 5 negara dengan harga bensin termurah dunia

Rabu, 01 Juli 2020 | 09:12 WIB Sumber: Global Petrol Prices
Bukan pertalite dan premium, ini daftar 5 negara dengan harga bensin termurah dunia

ILUSTRASI. Beredarnya isu penghapusan pertalite dan premium membuat resah sebagian masyarakat.


VENEZUELA - JAKARTA. Rupanya, harga bensin (petalite dan premium) di Indonesia bukanlah yang termurah di dunia. Ada sejumlah negara yang tercatat menjual bensin jauh lebih murah dibanding Indonesia.

Isu bensin murah ini kembali mengemuka terkait dengan rencana pemerintah untuk menghapus pertalite dan premium. Hal tersebut membuat resah sebagian masyarakat karena berkaitan dengan risiko daya beli masyarakat yang semakin tidak mudah. Tentunya hal ini menjadi sorotan publik untuk menghadapi konsumsi bahan bakar kendaraan mereka ke depan.

Dengan harga yang relatif terjangkau, kondisi ini membuat pertalite dan premium banyak diminati oleh masyarakat sebagai bahan bakar kendaraan mereka.

Baca Juga: Pengamat energi: Penghapusan BBM Premium dan Pertalite sudah mendesak

Data yang dikutip dari Gasoline Prices per tanggal 29 Juni 2020 membuktikan, ada sejumlah negara yang menyediakan bahan bakar lebih murah dari harga bahan bakar kendaraan Indonesia.

Berikut daftar 5 negara dengan tingkat harga bahan bakar kendaraan termurah di dunia:

Negara Harga (Rupiah)
Venezuela 288,06
Iran 1.045,46
Sudan 1.991,25
Angola 3.952,58
Saudi Arabia 4.117,99

Sumber: Gasoline Prices

Dari tabel di atas, dapat diketahui perbandingan tingkat harga dengan harga termurah yakni Venezuela. Sedangkan Indonesia berada pada peringkat ke 33 dunia dengan harga rata-rata bensin Rp 9.125.

Baca Juga: Premium dan Pertalite bakal dihapus, berikut tiga tahapan yang disiapkan Pertamina

Informasi tambahan saja, pemerintah mewacanakan penghapusan bahan bakar pertalite dan premium dengan dasar adanya pengurangan kandungan emisi karbon untuk mengimplementasikan peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Tahun 2021.

Tentunya Pertamina dan Pemerintah segera melakukan tahapan-tahapan pergantian bahan bakar pertalite dan premium dengan bentuk kandungan yang diperbaharui.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru