Ini film tentang wabah penyakit yang bisa Anda tonton di rumah

Rabu, 18 Maret 2020 | 16:29 WIB Sumber: Kompas.com
Ini film tentang wabah penyakit yang bisa Anda tonton di rumah

ILUSTRASI. Potongan film Contagion


FILM - Anda sedang isolasi diri di rumah? Berikut ada film tentang wabah penyakit yang bisa jadi hiburan di kala Anda bosan. 

Bagi penikmat film, wabah virus corona sedikit banyak mengingatkan mereka pada beberapa judul layar lebar yang kisahnya menggambarkan situasi yang hampir mirip.

Sambil menunggu dan berharap virus corona ( Covid-19) tak lagi menjadi ancaman, berikut beberapa film klasik tentang pandemi global.

Baca Juga: Film Kamen Rider Reiwa: The First Generation tayang di CGV mulai hari ini

1. Contagion 

Film yang dirilis 2011 lalu ini tiba-tiba ramai dibicarakan karena kemiripan kisahnya dengan wabah virus corona yang terjadi saat ini. 

Contagion adalah thriller medis yang bercerita tentang virus yang berasal dari China yang dibawa oleh seorang pengusaha wanita (Gwyneth Paltrow) yang kemudian pulang ke Amerika Serikat. 

Singkat cerita, hampir semua orang takluk pada virus ini dan dunia mulai mengisolasi diri. 

Ketakutan dan isolasi yang diperlihatkan sepanjang film ini juga kembali mengingatkan tentang virus Ebola yang telah membunuh 11.000 orang di seluruh dunia pada 2014. 

2. Outbreak 

Film Outbreak merupakan salah satu film yang menggabungkan rasa takut dan juga penasaran, serta perasaan bertentangan setiap harinya. Film ini dibintangi Dustin Hoffman sebagai Kolonel Sam Daniels. 

Ia bersama koleganya Rene Russo dan Kevin Spacey ditugaskan untuk membawa Motaba, sebuah virus yang mirip Ebola di kota kecil California, sebelum itu menyebar ke seluruh dunia. 

Wabah menyebar setelah seekor monyet yang terinfeksi dicuri dari laboratorium pengujian hewan dan kemudian menghilang. Virus tersebut cepat bermutasi dan mulai menyebar seperti flu. 

Baca Juga: Ini film yang menunda jadwal tayang dan syuting karena virus corona

Tak ada pilihan lain, pemerintah memaksa untuk menutup kota sebelum sebarannya meluas.

3. Children of Men 

Film yang tayang pada 2006 ini mungkin jadi film pertama yang muncul dalam pikiran jika ingat tentang infeksi virus atau penyakit. 

Dibintangi Clive Own sebagai aktivis Theo Faron, film ini membawa penonton pada jurang kehancuran setelah pandemik flu dan infertilitas luas selama bertahun-tahun. 

4. It Comes At Night 

Saat sebagian besar film tentang wabah berfokus pada efek penyakit, film ini justru fokus pada kelompok kecil orang yang terinfeksi dan berubah menjadi saling serang satu sama lain. 

Dibintangi Joel Edgerton sebagai Paul, film ini berkisah tentang penyakit menular yang membuat keluarga harus mengisolasi diri. Namun, mereka mulai bertengkar satu sama lain untuk menjaga diri mereka tetap hidup.  

Baca Juga: Film Doraemon: Nobita's Chronicles of The Moon Exploration tayang di CGV hari ini

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Contagion, 3 Film Ini Angkat Cerita tentang Wabah Virus", 

Penulis : Rintan Puspita Sari

Editor : Andi Muttya Keteng Pangeran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru