Ini jajaran 10 nominasi mobil terbaik dunia 2017

Senin, 06 Februari 2017 | 15:55 WIB Sumber: Antara
Ini jajaran 10 nominasi mobil terbaik dunia 2017


JAKARTA. Nominasi untuk penghargaan World Car of the Year 2017, atau mobil terbaik dunia tahun ini, telah diumumkan, yang kembali didominasi mobil-mobil buatan Eropa.

Ada enam penghargaan “Car of the Year” yang diperebutkan tahun ini, termasuk hadiah utama mobil terbaik serta medali untuk masing-masing kategori mobil mewah terbaik, performa, desain, ramah lingkungan dan mobil perkotaan terbaik (urban).

Urban Car of the Year merupakan penghargaan baru tahun ini, yang diperebutkan oleh mobil-mobil berukuran kurang dari empat meter.

10 nominasi untuk Car of the Year mencakup enam mobil Eropa yaitu Audi A5/S5, Q2, Q5, Jaguar F-Pace, Skoda Kodiaq, dan Volkswagen Tiguan, satu mobil kolaborasi Jepang-Italia (Fiat 124 Spider), serta tiga mobil Jepang (Honda Civic, Mazda CX-9, and Toyota C-HR).

Untuk kategori mobil mewah terbaik, finalisnya adalah Bentley Bentayga, BMW 5 Series, Mercedes-Benz E-Class, Volvo S90/V90), dan Genesis G90.

Penghargaan mobil dengan performa terbaik diperebutkan oleh Aston Martin DB11, Audi R8 Spyder, McLaren 570S, Porsche 718 Boxster / Cayman dan Honda NSX.

Sementara untuk mobil perkotaan terbaik, nominasinya yaitu BMW i3, Citroen C3, Smart ForTwo Cabriolet, Suzuki Ignis dan Ford Ka +.

Ford Ka + dikembangkan untuk pasar negara berkembang seperti Afrika Selatan, Brasil dan India yang mulai dijual pada 2015 dengan nama Ka atau Figo.

Kategori lainnya, mobil ramah lingkungan, diisi oleh Chevrolet Bolt, Tesla Model X, Honda Clarity, Toyota Prius Prime dan Hyundai Ioniq, yang berarti tak satu pun dari produsen otomotif asal Eropa.

Pemenang setiap kategori akan diumumkan pada ajang New York auto show yang berlangsung pada pertengahan April mendatang.

Berikut daftar nominasi dari masing-masing kategori seperti dilansir dari laman Car Advice:

Nominasi mobil terbaik:

Audi A5/S5 coupe; Audi Q2; Audi Q5; Fiat/Abarth 124 Spyder; Honda Civic; Jaguar F-Pace; Mazda CX-9; Skoda Kodiaq; Toyota C-HR; Volkswagen Tiguan

Mobil mewah terbaik:

Bentley Bentayga; BMW 5 Series; Genesis G90; Mercedes-Benz E-Class; Volvo S90/V90

Mobil dengan performa terbaik:

Aston Martin DB11; Audi R8 Spyder; Honda/Acura NSX; McLaren 570S; Porsche 718 Boxster/Cayman

Mobil perkotaan terbaik:

BMW i3; Citroen C3; Ford Ka+; Smart Cabriolet; Suzuki Ignis

Mobil paling ramah lingkungan:

Chevrolet Bolt; Honda Clarity; Hyundai Ioniq; Tesla Model X; Toyota Prius Prime

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru