Ini kata PLN soal tagihan listrik rumah Raffi Ahmad sebesar Rp 17 juta per bulan

Rabu, 03 Juni 2020 | 22:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ini kata PLN soal tagihan listrik rumah Raffi Ahmad sebesar Rp 17 juta per bulan

ILUSTRASI. Artis, Raffi Ahmad. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI


PLN - JAKARTA. Artis Nagita Slavina mengeluhkan soal tagihan pembelian token listrik di rumahnya yang mencapai Rp 1 juta hanya dalam dua hari. Selain masalah biaya, istri dari artis Raffi Ahmad itu juga mengeluhkan soal listrik di rumahnya yang kerap turun. 

Menanggapi keluhan tersebut, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ciputat Sigit Arimurti mengatakan, tagihan listrik di rumah Raffi Ahmad bisa mencapai Rp 1 juta untuk dua hari atau kurang lebih Rp 17 juta per bulan masih berada dalam batas wajar. 

Baca Juga: Meski proyek pembangkit terhambat, TGRA pastikan tidak ada perubahan kontrak PPA

Pasalnya, di rumah pasangan artis itu banyak peralatan elektronik yang digunakan. “Tingginya biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan atas nama Raffi Ahmad dengan daya listrik 33.000 VA atau 33 kVA dikarenakan beban pemakaian listrik atau konsumsi listrik yang tinggi juga. Bisa jadi dikarenakan banyak peralatan elektronik atau penggunaan beberapa alat elektronik dengan daya yang besar,” ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6/2020). 

Sementara itu, terkait keluhan listrik yang sering turun, menurut Sigit dikarenakan alat bernama MCB (Miniature Circuit Breaker) pada panel listrik pelanggan overload, karena pembagian beban listrik yang tidak merata. 

Namun, pihaknya tak bisa memperbaiki hal tersebut. Sebab, batas kewenangan PLN untuk pasokan listrik pelanggan hanya sampai ke kWh meter. Dia pun menyarankan ke pasangan Raffi dan Nagita untuk menghubungi instalator resmi yang tersertifikasi dan terdaftar dalam Asosiasi Kontraktor Listrik untuk melakukan perbaikan pada instalasi rumah pelanggan. 

Baca Juga: Catat, ini proyek hulu migas yang bakal rampung dalam waktu dekat

Sebelumnya diberitakan, sering turun tegangan listrik di rumahnya, Nagita Slavina akhirnya melaporkan hal itu pada petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN). Nagita Slavina yang sedang membuat adonan kue harus terhenti beberapa kali karena listrik di rumahnya mati. Padahal, menurut Nagita Slavina, tegangan listrik yang ada saat ini harusnya cukup untuk satu rumah. 

"Menurut akal, daya saya segini mah cukup. Di rumah mama saja yang rumahnya lebih gede enggak sampai begini (anjlok)," keluh Nagita Slavina pada petugas PLN yang datang ke rumahnya. Lewat tayangan Janji Suci Trans TV Official, Nagita Slavina juga mengeluhkan jumlah uang yang harus dia bayar padahal listrik selalu turun. "Masak sejuta dua hari coba," ucap Nagita Slavina. 

Oleh karenanya, Nagita Slavina merasa yakin kalau ada instalasi listrik yang tidak tepat di rumah Raffi Ahmad itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tagihan Listrik Rumah Raffi Ahmad Rp 17 Juta Per Bulan, Ini Kata PLN"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru