Ini tanda tanaman hias terlalu banyak disiram, pemula wajib tahu

Rabu, 18 November 2020 | 18:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tanda tanaman hias terlalu banyak disiram, pemula wajib tahu

ILUSTRASI. Ilustrasi. Berikut tanda tanaman terlalu banyak disiram.


HOBI - JAKARTA. Untuk para pemula memelihara tanaman hias bukanlah perkara yang mudah. Bila salah perawatan, tanaman hias bisa mati. Berikut tanda tanaman hias Anda terlalu banyak disiram. 

Memelihara tanaman hias menjadi salah satu aktivitas seru yang dilakukan di masa pandemi Covid-19. Jika Anda salah satunya, Anda tentu terus mempelajari hal baru setiap hari, agar tanaman-tanaman hias peliharaan Anda terawat lebih baik. 

Baca Juga: Anda ingin mulai memelihara tanaman hias? Simak dulu beberapa tips berikut ini

Tanaman hias berbeda memiliki kebutuhan air yang berbeda pula. Succulents dan pothos, misalnya, baik-baik saja dengan musim kering, sementara yang lain, seperti pakis, lebih menyukai kelembapan yang stabil. 

Menemukan batas penyiraman yang tepat sangatlah penting, karena penyiraman yang berlebihan dan terlalu kurang dapat menyebabkan tanaman "tidak bahagia". 

Akar tanaman membutuhkan keseimbangan air dan oksigen untuk tumbuh subur, dan ketika ada terlalu banyak air, mereka pada dasarnya akan tenggelam. 
Meskipun setiap varietas tanaman memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan diri, berikut adalah lima tanda paling umum dari potensi kelebihan air, seperti dilansir Mind Body Green: 

1. Tanah selalu basah saat disentuh 

Jika Anda belum menyiram tanaman hias, cobalah cek tanah satu inci atau lebih di bawah permukaan. Jika tanah masih terasa lembap dari sesi penyiraman sebelumnya, bisa jadi tanah terlalu jenuh dengan air. 

Pastikan berinvestasi dengan pot yang memiliki lubang drainase untuk mencegah kelembapan berlebih pada tanaman. 

2. Daun menguning 

Menurut konsultan tanaman Stu Wilson alias Plantastic Mr. Fox, daun menguning adalah salah satu tanda utama overwatering atau tanaman disiram air berlebih. 

Ironisnya, daun juga bisa menguning jika tidak memiliki cukup air. Maka, periksalah tingkat kelembapan tanah untuk mencari tahu penyebab pastinya. 

3. Batang lembut dan licin 

Wilson mengatakan, batang yang lembut dan licin adalah tanda lain dari overwatering, terutama pada tanaman alocasia. Kondisi ini terjadi karena tanaman mengambil terlalu banyak kelembapan, sehingga mulai mengembang dan kehilangan kekencangannya. 

4. Daun memiliki tepi atau bintik coklat 

Terkadang, jika daun menyerap terlalu banyak air sel-selnya akan menjadi jenuh dan pecah, menyebabkan terbentuknya bintik-bintik coklat. 

Bintik-bintik berwarna gelap pada daun juga bisa menjadi tanda tanaman terlalu kekurangan air. 

Namun, Rebecca Bullene, pendiri toko tanaman di Brooklyn, Greenery Unlimited memberi tipsnya. Tanaman yang sepanjang tepi daunnya menjadi berwarna cokelat biasanya menandakan tanaman kekurangan air, sementara bercak di tengah daun sinyal overwatering. 

5. Tanah menarik hama 

Hama menyukai tanah yang lembap. Jika Anda melihat hama melayang di sekitar tanaman, mungkin inilah saatnya untuk memeriksa tanahnya. Cobalah keluarkan tanaman dari wadahnya dan periksa sistem akarnya. 

Jika masalahnya adalah overwatering, akar akan terlihat gelap dan terasa lembek saat disentuh. Tanah tanaman juga bisa mengeluarkan bau asam, karena bakteri penyuka air terbentuk di sekitar akar. 

Mengatasi tanaman yang terlalu banyak disiram 

Jika Anda yakin tanamanmu telah menjadi korban overwatering yang tidak disengaja, kamu tak perlu takut. Tanamanmu bisa hidup dan segar kembali. 
Meskipun, memang ada beberapa kasus yang fatal. Wilson menyarankan untuk membuang akar yang basah dan rusak, kemudian memindahkannya ke tanah dan pot baru. 

Letakkan tanaman di posisi yang terkena sinar matahari dan dengan aliran udara yang baik. Hindari penyiraman sampai tanah terasa benar-benar kering jika disentuh di kemudian hari. 

Tanaman akan mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam seminggu atau lebih. "Ini adalah aturan umum. Tetapi saya selalu menyarankan untuk meneliti kebutuhan individu setiap tanaman," ungkap dia.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: Ini tips memelihara ikan hias untuk para pemula

Selanjutnya: Cara menanam bawang merah yang praktis dan mudah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tanda Tanaman Hias Terlalu Banyak Disiram Air"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru