Ini tantangan membesarkan anak generasi aplha

Sabtu, 21 September 2019 | 09:28 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tantangan membesarkan anak generasi aplha

ILUSTRASI. Ini tantangan membesarkan anak generasi aplha


TIPS PERTUMBUHAN ANAK -  JAKARTA. Generasi Alpha, anak-anak yang lahir mulai tahun 2010, disebut akan menjadi tulang punggung masa depan. Mereka dianggap sebagai generasi yang lebih pintar dari generasi sebelumnya karena sangat dekat dengan kecanggihan teknologi.

Membesarkan generasi alpha tentu tidak mudah, namun mereka perlu dukungan agar lebih unggul, berwawasan luas, dan mampu memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bersama.

Baca Juga: Habibie, Presiden RI Ke-3 yang Besar di Dunia Teknologi

Psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum mengatakan, anak-anak generasi alpha akan menghadapi banyak tantangan dan kesempatan di masa depan.

Untuk itu, mereka perlu memiliki kemampuan belajar progresif, yakni kemampuan belajar yang terus berkembang, dimulai dengan membentuk sikap belajar yang baik. Hal itu dapat diasah dengan melibatkan anak dan lingkungan.

“Orangtua perlu mendampingi anak mengasah kemampuan belajar progresif agar mereka bisa meraih capaian-capaian penting dalam tumbuh kembang sesuai tahapan usia,” ujar Rosdiana.

“Kemampuan belajar progresif dibutuhkan untuk membentuk empat karakter anak hebat agar anak bisa meraih kesuksesan di masa depan.”

Baca Juga: Belajar bursa saham dengan cara awam, yuk!

Ada pun karakter-karakter anak hebat yang dimaksud, pertama, eksplorasi di mana mau menjelajahi berbagai minat. Kedua, berpikir kritis, mampu berpikir dengan kritis dan banyak bertanya.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru