Ini tips minum kopi agar lebih sehat bagi tubuh kita

Kamis, 10 Oktober 2019 | 20:34 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tips minum kopi agar lebih sehat bagi tubuh kita

ILUSTRASI. Ilustrasi minum kopi, kopi, cafe didokumentasikan di studio kontan Jl. Kebayoran lama 1119 Jakarta 21/01/2011. (Kontan/Panji Indra)


KOPI -  Menyeruput secangkir kopi di pagi hari seakan sudah menjadi ritual bagi beberapa orang. Apakah kamu termasuk orang yang rutin minum kopi saat menyongsong hari? 

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang menyehatkan, apabila tahu cara minum kopi yang tepat. Kopi merupakan minuman yang kaya dengan molekul antioksidan. Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan manfaat minum kopi, dalam melawan beragam penyakit.

Baca Juga: Makan larut malam tak baik untuk kesehatan? Simak penjelasannya

Namun terlalu banyak  minum kopi, atau meminumnya di waktu yang salah, akan membawa dampak negatif pada tubuh.

Seperti dilansir Kompas.com, karenanya kita perlu mengetahui cara minum kopi yang sehat, termasuk memperhatikan jam minum kopi, jumlah cangkir, hingga bahan alami yang bisa ditambahkan. Selain, perhatikan pula pemanis yang kamu campurkan setiap menyeruput kopi.

Berikut cara minum kopi, agar menjadi aktivitas yang lebih menyehatkan: 

Hindari minum kopi setelah jam 2 siang 

Ajakan nongkrong di kedai kopi terdekat oleh teman-teman saat sore hari, mungkin sulit untuk ditolak. Hanya saja, kita disarankan untuk tidak minum kopi setelah jam 2 siang. 

Walau kafein dapat berperan sebagai stimulan otak, meminumnya setelah jam 2 siang dapat mengganggu tidur di malam hari, karena kafein dapat membuat kita terjaga selama berjam-jam. 

Efek ini harus menjadi perhatian, terlebih jika kamu kerap melewati malam-malam sulit tidur. Sebagai alternatif, cobalah untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan kafeina yang lebih sedikit, jika membutuhkan stimulan di atas jam 2 siang.

Teh hijau, dapat menjadi minuman alternatif untuk menenangkan pikiran. 

Baca Juga: Diduga Mengandung Pestisida, Kopi Indonesia Masih Aman

Editor: Noverius Laoli

Terbaru