Inilah 10 iklan populer versi Youtube

Rabu, 25 Juli 2018 | 16:02 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Inilah 10 iklan populer versi Youtube

ILUSTRASI. Ilustrasi Google Youtube


BELANJA IKLAN - JAKARTA. YouTube mengumumkan 10 iklan terpopuler pada awal 2018 . Daftar ini menunjukkan iklan paling kreatif yang ditonton orang setiap bulan dan merupakan bentuk apresiasi kepada brand yang iklannya memiliki performa terbaik berdasarkan kombinasi antara popularitas dan promosi.

Muriel Makarim, Manager Marketing Google Indonesia menyebut dalam survei yang dilakukan asal tahun 2018, Google Indonesia mencatat tiga hal, bahwa Youtube sebagai media posisinya setara dengan televisi.

Penggunaan Youtube untuk seluruh orang Indonesia, dan sebelum memutuskan membeli barang, Youtube punya peranan penting dalam melihat produknya. "Hampir 65% seseorang membeli produk karena melihat atau mereview di Youtube," ujar Muriel di kantor Google Indonesia, Kamis (25/7).

Dan Google Indonesia memilih 10 iklan terpopuler awal tahun 2018. Iklan pertama dijuarai oleh Ramayana yaitu Ramadan Ramayana: #KerenLahirBatin.

Jane Tumewu, Wakil Presiden Direktur Ramayana menjelaskan, “Kami telah menolak banyak naskah sebelum konsep kasidah ini hadir. Pada akhirnya, kesuksesan kampanye Ramadan ini melebihi ekspektasi kami. Kami cukup bangga, dan sebagai ritel pertama yang adopsi digital marketing di Youtube, begitu pasang terlihat langsung komentarnya, dan viral di beberapa media lain seperti line, twitter dan lainnya," sebut Jane.

Bicara soal pembuatan iklan, Jane tidak menyebut anggaran yang disiapkan, hanya saja dari segi cerita dan naskah disiapkan yang mampu menyentuh hati dan mengingatkan masyarakat bahwa Ramayana tetap eksis.

Iklan Ramayana yang menjadi jawara awal tahun 2018 di Youtube telah ditonton sekitar 16 juta viewers dan terdapat 11 ribu komentar. "Ini bisa menghubungkan kami ke pasar. Dan hasilnya dari iklan cukup memuaskan," tutur Jane lagi.

Selain iklan Ramayana, untuk pertama kalinya, Direktorat Jenderal Pajak membuat iklan berdurasi 15 detik untuk mempromosikan “e-filing” secara online dan, secara tidak langsung mengingatkan warga Indonesia mengenai batas waktu penyerahan formulir tahunan pajak penghasilan mereka.

Selain itu, Vivo juga mengunggah video berdurasi 90 menit mengenai konser peluncuran Ponsel Vivo V9 berlatar keindahan pemandangan Candi Borobudur. Humor yang digunakan dengan cerdas di iklan Tokopedia menunjukkan perasaan sentimen yang dirasakan sehari-hari oleh konsumen Indonesia.

HIJUP juga melakukan kampanye seputar tips “Modest Fashion” dan Toyota telah membuat jingle mereka sendiri untuk menyorot fitur keamanan di jalan yang penuh kendaraan roda dua, orang-orang memulas make-up mereka di belakang roda dan truk yang dipenuhi barang-barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru