Inilah ikan cupang yang akan tren tahun 2021 menurut pemilik 88 Genetical Farm

Senin, 28 Desember 2020 | 11:55 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah ikan cupang yang akan tren tahun 2021 menurut pemilik 88 Genetical Farm


IKAN HIAS - Bogor. Tren ikan cupang kembali booming tahun 2020. Apakah tren ikan cupang masih berlanjut pada tahun 2021? Lalu ikan cupang seperti apa yang bakal tren dan disukai para penghobi ikan hias tahun 2021?

Pakar sekaligus profesional breeder ikan cupang Septian Dwi Suryana Putra, pemilik 88 Genetical Farm mengatakan, ikan cupang tidak akan kehilangan peminat sampai kapan pun. Namun demikian, ada beberapa faktor yang harus tetap ada agar hobi dan bisnis ikan cupang tetap berjalan.

Menurut pria yang akrab disapa Tian ini, kontes atau kompetisi ikan cupang dan komunitas pehobi ikan cupang menjadi faktor utama eksistensi ikan cupang hias. "Selama ada kompetisi dan komunitas, dia (hobi dan bisnis ikan cupang) akan running dan ikan cupang pasti akan dicari terus. Kecuali kontes ikan cupang sudah enggak boleh lagi diadakan. Tapi kan enggak mungkin," kata Tian kepada kompas.com di peternakan ikan cupang miliknya di Perumahan Graha Grande Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2020).

Tian mengatakan, kontes memiliki peran penting dalam bisnis ikan cupang karena jenis ikan cupang juara akan banyak dicari pehobi. Sementara komunitas pehobi ikan cupang akan memudahkan sarana promosi. "Standar kita contohnya, indukan yang akan diternakan di sini sudah pasti ikan-ikan juara. Dan pasti itu banyak dicari orang," ucapnya.

Baca juga: Heboh di Kanada, Sinterklas anonim bagikan hadiah uang belanja 100.000 dollar

Faktor lainnya agar bisnis ikan cupang tetap menjanjikan di tahun-tahun ke depan adalah meningkatkan kualitas ikan cupang di pasaran. Untuk pehobi yang memutuskan untuk terjun berbisnis dengan cara berternak, Tian menyarankan agar tidak asal-asalan dalam memilih indukan ikan cupang agar anakan yang dihasilkan juga memiliki kualitas warna yang menarik serta bentuk tubuh yang bagus.

Untuk ikan-ikan yang akan dijual dan dipasarkan pun wajib ikan-ikan terbaik agar tidak menjatuhkan pasaran ikan cupang. "Pilihlah ikan terbaik, bukan pilih ikan yang disukai. Karena kalau ikan yang disukai, belum tentu terbaik. Tapi jika ikan terbaik, sudah pasti disukai," ungkapnya.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru