Intip proses pembangunan robot raksasa Gundam, kakinya bisa gerak lho

Jumat, 24 Juli 2020 | 15:05 WIB Sumber: Popular Mechanics
Intip proses pembangunan robot raksasa Gundam, kakinya bisa gerak lho

ILUSTRASI. Intip proses pembangunan robot raksasa Gundam, kakinya bisa gerak lho. Gambar Illustrasi: Gundam Unicorn


SAINS -TOKYO. Jepang sedang membangun sebuah proyek bernama Gundam Factory Yokohama. Sesuai dengan namanya, proyek tersebut bakal membangun robot yang diadaptasi dari karakter anime berjudul sama.

Robot yang dibangun di daerah Pelabuhan Yokohama dan ini merupakan yang pertama kalinya dapat bergerak. Di Jepang telah dibangun beberapa patung Gundam yang saat ini menjadi landmark dari negara kaya akan budaya pop-nya ini.

Sebelumnya telah dibuat patung Gundam dengan ukuran raksasa mengusung model dari RX-78-2. Patung tersebut dibongkar pada tahun 2012 untuk digantikan dengan model baru Gundam Unicorn pada tahun 2017.

Patung robot raksasa Gundam Unicorn memiliki kelebihan berubah wujud seperti yang ada di serial anime-nya. Sedikit berbeda dari patung robot raksasa sebelumnya, RX-78-2 yang tidak memiliki artikulasi untuk bergerak sekalipun.

Baca Juga: Ingin nonton anime di YouTube gratis dan legal ? ikuti tiga channel ini

Meskipun begitu sampai saat ini masih belum ada patung robot Gundam dengan ukuran raksasa yang dapat bergerak. Hingga pada akhirnya terwujudnya proyek Gundam Factory Yokohama yang telah direncanakan sejak tahun 2014 silam.

Dalam pembangunan ini, pihak pengembang benar-benar membuat robot raksasa Gundam RX-78 yang dapat bergerak. Melansir dari Popularmechanics, pembangunan robot raksasa ini bahkan sudah menunjukkan progress yang menarik.

Dalam sebuah video YouTube yang diunggah oleh Michael Overstreet. Terlihat bahwa model robot raksasa Gundam RX-78 menggerakan bagian bawahnya di markas yang terletak di pelabuhan Yokohama.

Dalam video pendek tersebut, pihak pengembang mencoba mendemontstrasikan pergerakan robot rakasa ini. Terlihat bahwa kaki raksasa dari Gundam RX-78 ini bergerak terangkat keatas.

Pun demikian, tidak hanya bagian kakinya saja. Bagian kecil yang terlihat menutupi pergerakan kaki juga ikut bergerak untuk memberi ruang kaki robot raksasa ini.

Meskipun wujud dari robot raksasa ini belum sempurna, dimana bagian kepalanya belum terpasang. Sepertinya pihak pengembang masih berusaha untuk menyempurnakan satu-persatu bagian tubuhnya.

Jika semua proyeknya telah selesai, robot raksasa Gundam ini akan memiliki ketinggian sekitar 60 kaki. Beratnya sendiri diketahui mencapai 60 ton.

Simak video-nya di bawah ini :

Tim desain dari robot raksasa ini memastikan bahwa berat dari masing-masing bagian tubuh robot sudah disesuaikan. Jika tidak motor yang disematkan tidak bisa menggerakan dengan sempurna bahkan bisa terjadi ketimpangan.

Dengan adanya pandemi Corona ini, pihak pengembang berharap pembangunan robot raksasa ini bisa selesai dengan cepat. Meskipun mulur dari rencana awal yang sudah diumumkan pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Untuk pertama kali, patung robot Gundam raksasa dibangun di luar Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru