Jangan lewatkan, 1 September ada gerhana matahari

Selasa, 30 Agustus 2016 | 17:28 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Jangan lewatkan, 1 September ada gerhana matahari


Jakarta. Fenomena alam berupa gerhana matahari akan kembali terjadi pada 1 September 2016. Kali ini, yang terjadi adalah gerhana matahari cincin. Gerhana ini akan kembali terjadi pada tahun 2034.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika, mengumumkan, gerhana matahari cincin akan melewati Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia. 

Di Indonesia Gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang Matahari terbenam berupa Gerhana Matahari Sebagian, yaitu di Kep. Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta,  dan Jawa Timur bagian barat.

Waktu-waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda. Secara umum, kontak pertama GMC 1 September 2016 di Indonesia adalah di Pacitan yang terjadi pada pukul 17 : 26 : 00,9 WIB untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya.

Mengingat gerhana ini terjadi saat sore hari di Indonesia, semua lokasi di pulau Jawa dan Kalianda, Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama saja untuk kemudian Mataharinya terbenam.

Puncak gerhana akan pertama kali teramati di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17 : 52 : 18,5 WIB untuk selanjutnya menyebar ke lokasi lainnya di Sumatera. Setelah puncak gerhana ini, Matahari pun terbenam di semua kota di Lampung, serta di beberapa kota di Sumatera Selatan dan Bengkulu. A

Secara umum, gerhana dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya. Untuk memprediksi keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut Siklus Saros tertentu. Gerhana-gerhana pada Siklus Saros tertentu akan berulang hampir setiap 18 tahun 11 hari.

Sebagai contoh, GMC 1 September 2016 adalah anggota ke 39 dari 71 anggota pada Siklus Saros ke 135. Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GMC 1 September 2016 ini adalah GMC yang terjadi pada 22 Agustus 1998.

Adapun Gerhana sesudahnya yang berasosiasi dengan GMC 1 September 2016 tersebut adalah GMC yang terjadi pada 12 September 2034

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru