Jurus berburu tiket pesawat murah untuk liburan

Sabtu, 22 Juni 2019 | 07:51 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Jurus berburu tiket pesawat murah untuk liburan


WISATA - JAKARTA. Liburan kini menjadi kebutuhan pokok sebagian masyarakat. Alhasil, mereka kerap berburu tiket pesawat murah untuk memenuhi kebutuhannya.

Umumnya masyarakat harus merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli tiket pesawat saat hendak melancong. Namun, tidak sedikit masyarakat yang rajin mengunjungi event travel fair untuk berburu tiket murah.

Terkadang impian mereka untuk mendapatkan tiket murah harus kandas. Pihak travel tidak memberikan diskon besar untuk rute idaman.

"Sangking seringnya travel fair digelar, jadi kurang menarik lagi," kata Anton Thedy, Pemilik TX Travel sekaligus Travaller.

Agar kebutuhan liburan Anda terpenuhi tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli tiket pesawat. Anton berbagi strategi berburu tiket pesawat murah.

1. Tentukan destinasi tujuan

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi yang dituju. Anton menyarankan sebaiknya Anda menentukan lebih dari satu destinasi tujuan. Agar Anda mempunyai alternatif tempat lainnya, bila tidak menemukan harga tiket yang pas di kantong.

Kemudian, Anda juga harus menentukan rencana tanggal keberangkatan dan kepulangan. Sebaiknya Anda memilih tanggal keberangkatan di luar hari libur. Tujuannya, agar Anda mendapatkan harga tiket pesawat yang murah.

Misalnya, Anda ingin melancong ke Balikpapan. Baiknya, Anda pergi pada hari Jumat, Sabtu, atau Minggu pagi, karena harga tiket murah.

Namun, bila Anda ingin berlibur ke Bali. Sebaiknya Anda memilih hari keberangkatan pada Minggu sore. Anton mengaku saat itu harga tiket ke pulau Dewata, misalnya, lebih murah dibandingkan hari lainnya.    

2. Manfaatkan fasilitas kartu kredit

Strategi kedua adalah manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit Anda. Umumnya, sebagian bank penerbit kartu kredit memberikan diskon untuk pembelian tiket pesawat.

Selain itu, sebagian kartu kredit memberikan fasilitas cicilan nol persen untuk pembelian tiket pesawat. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk menghemat biaya transportasi.

Anda dapat menghubungi customer servis kartu kredit untuk mengetahui fasilitas yang diberikan. Opsi lainnya, Anda dapat membuka website resmi bank penerbit kartu kredit untuk mengetahuinya.

5. Selektif memilih event travel fair

Strategi ketiga adalah Anda harus selektif mengunjungi event travel fair karena tidak semua travel fair menawarkan harga tiket pesawat terjangkau.

Anton menilai terlalu sering travel fair digelar membuat travel agent tidak memberikan banyak diskon.  

Maka, sebaiknya Anda mengunjungi event travel fair yang digelar oleh masing-masing maskapai. Alasannya, Anda berpotensi mendapatkan harga tiket lebih murah dibandingkan di travel fair lainnya.

Jadi, bila Anda ingin membeli tiket pesawat Garuda, misalnya, maka kunjungilah event Garuda Travel Fair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru