Kabar gembira dari Istana, vaksin virus corona Covid-19 telah tiba di Indonesia

Minggu, 06 Desember 2020 | 22:28 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Kabar gembira dari Istana, vaksin virus corona Covid-19 telah tiba di Indonesia

ILUSTRASI. Kontainer berisi vaksin Covid-19 tiba dengan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (6/12/2020) malam.


VAKSIN CORONA - Presiden Joko Widodo mengumumkan kabar baik pada minggu, 6 Desember 2012 tentang vaksin virus corona covid-19

Kabar baik ini berupa kedatangan vaksin virus corona covid-19 dari Sinovac China ke Indonesia pada minggu malam sekitar pukul 9.30 WIB

"Saya sampaikan kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin virus corona covid-19 dari Sinovac," kata Presiden Joko Widodo melalui video yang diunggah di akun resmi Sekretariat  Presiden Minggu (6/12) malam

Menurut Presiden Joko Widodo, vaksin virus corona covid-19 ini yang telah diuji secara klinis di Bandung Jawa barat sejak Agustus 2020 lalu

Selain hari ini, menurut Presiden saat ini pemerintah masih mengupayakan kedatangan vaksin virus corona covid-19 sebanyak 1,8 juta dosis lagi, yang dijadwalkan akan tiba pada awal 2021.

Presiden juga menjelaskan, selain mengimpor vaksin virus corona Covid-19 secara utuh Indonesia juga akan mengimpor bahan baku pembuatan vaksin dari China.

Presiden memperkirakan bahan baku vaksin corona covid-19 ini akan tiba sebanyak 15 juta dosis pada bulan Desember 2020 ini. 

"Selanjutnya pada Januari 30 juta bahan baku curah (vaksin virus corona covid-19) yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma," tandas Presiden.

Pada kesempatan itu presiden juga mengucakan syukur bahwa vaksin corona Covid-19 sudah tersedia, agar Indonesia bisa mencegah meluasnya penularan virus corona.

Hanya saja untuk mulai melakukan vaksinasi virus corona Covid-19 kepada masyarakat, Presiden Joko Widodo menegaskan perlunya tahapan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

"Perlu saya tegaskan seluruh prosedur harus dilalui dengan baik dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektifitas vaksin
pertimbangan ilmiah dari hasil uji klinis," tegas Presiden.

Presiden juga menegaskan, tahapan lain vaksin virus corona covid-19 adalah kesiapan sistem distribusi vaksin ke daerah-daerah maupun penyediaan peralatan serta sumber daya manusia (SDM) maupun tata kelola vaksinasi.

"Sejak beberapa bulan lalu tim sudah melakukan simulasi (vaksinasi virus corona covid-19) di beberapa provinsi. Saya yakin setelah diputuskan vaksinasi dimulai, semua dalam keadaan siap," katanya.

Selain itu, karena proses vaksinasi ini tidak mungkin dilakukan secara serempak, bagi semua penduduk presiden mengharapkan semua pihak untuk mengikuti pengumuman dan petunjuk dari petugas yang menyiapkan vaksinasi vaksin virus corona covid-19.

Pada penutupan pidatonya, Presiden juga kembali berpesan, meski vaksin virus corona covid-19 sudah ada masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3 M:  memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan.

"Semoga tuhan memberkahi kita semua untuk melewati wabah ini," kata Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru