Kapan waktu peluncuran Playstation 5? ini jawaban dari Sony

Jumat, 11 Oktober 2019 | 10:32 WIB Sumber: Kompas.com
Kapan waktu peluncuran Playstation 5? ini jawaban dari Sony

ILUSTRASI. SONY?Playstation 4 Jadi konsol game pilihan di Blibli.com


GADGET BARU - JAKARTA. Setelah didahului oleh beragam spekulasi dan rumor, Sony akhirnya memberikan keterangan resmi tentang konsol game PlayStation 5.

Melalui blog resminya, sony mengumumkan bahwa penerus PS4 ini memang bakal bernama "PlayStation" 5 ( PS5), meneruskan tradisi akhiran nomor yang menandakan urutan generasi pada konsol PlayStation.

"Saya dengan bangga menyampaikan bahwa konsol generasi berikutnya akan disebut PlayStation 5, dan kami akan meluncurkannya bertepatan dengan musim liburan 2020," ujar President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan.

Baca Juga: Main game online sering lemot? Mungkin ini sebabnya

"Musim liburan" di sini mengacu pada periode menjelang Natal dan tahun baru di pengujung 2020. Sony memang kerap meluncurkan konsol dengan jadwal mendekati musim libur, untuk mengantisipasi momen belanja.

PS4, misalnya, diresmikan pada 15 November 2013, lalu PS4 Pro pada November 2016.  Bisa diduga bahwa waktu peluncuran PS5 pun mungkin bakal berkisar di bulan November.

Fitur baru untuk controller

Di samping nama dan waktu peluncuran PS5, Ryan turut mengumbar sejumlah fitur baru yang akan hadir di konsol tersebut. Controller PS5 bakal dibekali "haptic feedback" yang diklaim mampu memberikan efek lebih beragam dibandingkan teknologi "rumble" sebelumnya.

"Menabrak tembok di game balap mobil akan terasa sangat berbeda dibandingkan tackling di game football. Anda bahkan bisa merasakan perbedaan tekstur ketika berlari melalui padang rumput atau lumpur," kata Ryan.

Tombol L2 dan R2 di controller PS5ikut kebagian fitur baru bernama "adaptive trigger" yang bisa memberikan tingkat resistansi berbeda, misalnya antara saat pemain menarik busur di dalam game olahraga atau menggas kendaraan di game balap. 

Baca Juga: Ini deretan game yang akan diperkenalkan Sony di Tokyo Game Show (TGS) 2019

Berdasarkan rumor yang beredar di internet sebelumnya, hardware PS5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan PS5 pendahulunya. PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD.

Konsol ini pun kemungkinan akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4), serta mendukung berbagai macam teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K. (Bill Clinten)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sony Umumkan Waktu Peluncuran dan Fitur Baru PlayStation 5",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru