Klub Liga Serie A Italia dilarang gelar latihan hingga 13 April 2020

Kamis, 02 April 2020 | 16:17 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Klub Liga Serie A Italia dilarang gelar latihan hingga 13 April 2020

ILUSTRASI. Ilustrasi pertandingan Liga Serie A Italia


SEPAK BOLA - JAKARTA. Pemerintah Italia melarang penggunaan fasilitas olahraga untuk atlet profesional hingga 13 April 2020. Instruksi tersebut juga berlaku untuk pesepak bola Serie A, kasta tertinggi Liga Italia. 

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan, keputusan itu dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (1/3) malam waktu setempat. "Kami melarang mereka (atlet), memastikan bahwa klub tidak dapat menggelar aktivitas olahraga, bahkan jika itu hanya sesi latihan," ucap Conte dikutip dari laman Football Italia. 

Langkah tersebut merupakan salah satu cara pemerintah setempat untuk menekan angka penyebaran virus corona. Kendati jumlah kasus dan kematian akibat virus corona di Italia disebut mulai turun secara signifikan, pemerintah akan tetap menerapkan langkah-langkah pencegahan hingga kondisi kembali normal. 

Baca Juga: Sah, UEFA tunda semua pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa pekan depan

Mengingat, situasi di tengah maraknya virus yang telah menjadi pandemi global ini dinilai sangat dinamis dan tidak dapat diperkirakan. 

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Conte juga belum dapat memastikan bahwa pihak klub bisa kembali menggelar aktivitas olahraga pada 14 April 2020. 

"Jika kami mengurangi langkah pencegahan, semua upaya kami akan sia-sia. Setelah situasi dinilai memungkinkan, baru kami akan mulai mengurangi langkah itu," ujarnya. 

"Saya tidak dapat memberi tahu Anda bahwa itu (aktivtas olahraga) akan terjadi pada 14 April karena kami tidak bisa meramalkan situasi mendatang," lanjut dia

Sebelumnya, beberapa klub seperti Lazio dan Napoli diketahui sempat berencana menggelar latihan serta menjalani tes di markas klub. Namun, kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah membuat rencana tersebut batal. 

Baca Juga: Jumlah kasus baru turun, Italia perpanjang lockdown hingga Paskah

Terlebih lagi, setelah Conte mengumumkan kebijakan terbaru terkait larangan penggunaan aktivitas olahraga hingga 13 April mendatang. 

Hingga saat ini, Italia masih menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Menurut Pusat Sistem Sains dan Teknik Universitas Johns Hopkins, per Kamis (2/4) siang WIB, jumlah kasus positif virus corona di Italia mencapai 110.574 orang. Angka tersebut membuat Italia menjadi negara kedua dengan jumlah kasus terbanyak setelah Amerika Serikat. (Benediktus Agya Pradipta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Klub Serie A Dilarang Gelar Latihan hingga 13 April 2020".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru