Kompetisi berhenti, Persebaya Indonesia ambil langkah pemotongan gaji

Kamis, 28 Mei 2020 | 22:12 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Kompetisi berhenti, Persebaya Indonesia ambil langkah pemotongan gaji

ILUSTRASI. Pemain Persebaya Surabaya berjalan lunglai usai pertandingan lanjutan Liga 1 melawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (11/10/2019). Borneo FC berhasil menahan imbang tuan rumah Persebaya Surabaya 0-0. SURYA/HABIBUR ROHMAN


SEPAK BOLA - JAKARTA. Pemberhentian kompetisi sepak bola di Indonesia memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja keuangan klub. Langkah pemotongan gaji juga terpaksa dilakukan guna mengurangi beban keuangan. Salah satunya dilakukan PT Persebaya Indonesia.

Manager Persebaya Indonesia Candra Wahyudi menyebutkan pemberhentian kompetisi sepak bola Indonesia merupakan situasi yang tidak diinginkan semua stakeholder sepak bola di Indonesia. "Namun, semua pihak harus memahami dan menerima," ujarnya kepada  kontan.co.id , Kamis (28/5).

Baca Juga: PSSI berharap virus corona tak berdampak serius terhadap penyelenggaraan Liga 1

Terkait kerugian atas pemberhentian kompetisi, pihaknya menolak menjelaskan. Namun, terkait pemotongan gaji pihaknya tak mengelakannya. Terlebih hal tersebut sudah tertuang dalam surat keputusan PSSI yang telah dikeluarkan sejak Maret lalu.

Dalam surat keputusan PSSI, dengan ditetapkannya periode Maret - Juni sebagai keadaan kahar, maka klub peserta Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan perubahan kontrak kerja yang telah ditandatangani/disepakati antara klub dengan pemain, pelatih, dan ofisial atas kewajian pembayaran gaji di periode tersebut yang akan dibayarkan maksimal 25% dari kewajiban yang tertera dalam kontrak kerja. Dengan begitu, terjadi pemotongan gaji hingga 75%.

Baca Juga: Ini 6 poin putusan pasca klub Liga 1 gelar virtual meeting akibat wabah corona

Dalam suratnya, PSSI juga menyatakan apabila Stasus Keadaan Tertentu Darurat Bencana tidak diperpanjang maka kompetisi dapat dilanjutkan setelah tanggal 1 Juli 2020. Namun, apabila diperpanjang m PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan dihentikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru