Kompetisi mandek, klub Liga Premier Inggris bayar kompensasi hak siar £ 340 juta

Selasa, 12 Mei 2020 | 12:23 WIB Sumber: BBC
Kompetisi mandek, klub Liga Premier Inggris bayar kompensasi hak siar £ 340 juta

ILUSTRASI. Liga Premier Inggris


SEPAK BOLA - LONDON. Pandemi virus corona membuat klub-klub di Liga Premier Inggris harus membayar mengembalikan uang hak siar dari televisi domestik maupun internasional dengan angka fantastis. 

Mengutip BBC, klub-klub di Inggris tersebut harus membayar sedikitnya £ 340 juta, walaupun musim 2019/2020 berlanjut tanpa dukungan penggemar di stadion. 

BBC Sport menyebut, klub-klub yang berada di kasta tertinggi liga Inggris sudah diperingatkan tentang adanya klausul pembayaran kompensasi ini. 

Baca Juga: Ikuti Bundesliga, Piala Jerman kembali bergulir di bulan Juni

Pengembalian uang hak siar dilakukan karena pertandingan musim ini tidak berlangsung seperti yang diharapkan. Ini terjadi karena ada potensi pertandingan dimainkan tanpa penggemar dan waktu yang sudah meleset dari jadwal awal. 

Hal tersebut terungkap setelah para pejabat klub bertemu pada hari Senin (11/5) untuk melanjutkan pembicaraan tentang 'Project Restart'.

Sebelumnya, Ketua Eksekutif Liga Premier Inggris Richard Masters memperkirakan, kerugian yang harus ditanggung jika liga paling populer di dunia ini gagal menyelesaikan musim ini mencapai £ 1 miliar. 

"Kami sudah memberitahu klub hari ini, tentang masalah hak siar. Apapun yang terjadi memang ini akan menimbulkan kehilangan pendapatan yang signifikan bagi klub dan hal itu tidak bisa dihindari," lanjut Masters. 

Baca Juga: Jika Liga Inggris dilanjutkan, pemain dilarang meludah

Selain masalah kompensasi hak siar, juga dibicarakan rencana pertandingan di tempat netral. 

Pengembalian dana telah diminta karena pertandingan tidak berlangsung seperti yang diharapkan - baik karena mereka akan dimainkan tanpa penggemar dan pada waktu yang berbeda sesuai jadwal semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru