Komunitas ojol galang bantuan untuk buruh harian yang menganggur

Senin, 20 April 2020 | 13:31 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Komunitas ojol galang bantuan untuk buruh harian yang menganggur


TRANSPORTASI ONLINE - JAKARTA. Meski dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19, semangat berbagi para mitra ojek online (ojol) yang tergabung dalam berbagai komunitas untuk meringankan beban saudara-saudaranya yang tidak bekerja akibat pandemi Covid-19 terus dilakukan.

Misalnya komunitas Elite Squad yang merintis gerakan Satu Gelas Beras untuk Lumbung Basecamp, dengan gerakan ini mereka saling menguatkan satu sama lain.

Asal tahu saja sampai 16 April 2020, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat terdapat 229.789 orang di sektor formal yang di PHK dan 1.270.367 orang dirumahkan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Jakarta hingga Makassar, 18 daerah yang sudah terapkan PSBB

Hermawan, pelopor gerakan yang juga Ketua Umum sekaligus Pendiri Elite Squad, menyampaikan pihaknya mampu mengumpulkan puluhan kilogram beras dan telah didonasikan ke masyarakat yang membutuhkan serta pondok pesantren

"Total 53 basecamp Elite Squad se-Jabodetabek, sudah 46 basecamp memulai gerakan ini. Ada yang satu gelas per hari, atau seminggu sekali, sesuai kemampuan. Karena ini lumbung, nantinya saat sudah terkumpul dan benar-benar dibutuhkan, lumbung dibuka (dibagikan)," ujarnya dalam siaran pers, Senin (20/4)

Ia menyadari, driver ojol menjadi salah satu pihak yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19, namun dirinya juga menegaskan bahwa apa yang dialami ojol saat ini juga sama dengan yang dialami para pekerja harian lainnya.

Meski sedang dalam keadaan yang sama-sama sulit, Ia mengingatkan pentingnya untuk tetap saling membantu.

"Kami juga susah, bukan kalangan mapan, tapi kami ingin tetap berbagi ke yang lebih membutuhkan. Ini inisiatif sederhana, tapi kalau dilakukan sama-sama bisa terkumpul banyak," lanjutnya.

Gerakan Satu Gelas Beras tersebut telah dimulai sejak awal April 2020 dan akan terus dilakukan sampai pandemi ini berakhir. Dirinya berharap sepanjang teman-teman komunitas ojol masih mendukung, masih mampu memberikan, pihaknya akan menjalankan terus program ini sampai pandemi berakhir.

Baca Juga: Pertamina gandeng Ojol untuk salurkan produk ke konsumen

Editor: Yudho Winarto

Terbaru