Kucing Anda mendadak tidak mau makan? inilah 5 hal yang mungkin menjadi penyebabnya

Jumat, 15 Januari 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Mega Putri
Kucing Anda mendadak tidak mau makan? inilah 5 hal yang mungkin menjadi penyebabnya

Inilah beberapa alasan yang mungkin menyebabkan kucing Anda mendadak tidak mau makan.


KUCING - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling favorit. Namun, Anda tentu sedih jika kucing peliharaan di rumah tiba-tiba kehilangan nafsu makannya. 

Ada banyak penyebab kucing mendadak tidak mau makan. Alasan tersebut bisa berhubungan dengan lingkungan sekitar maupun aktivitas baru yang dilakukan kucing.

Jangan sampai memberikan suasana yang tidak nyaman untuk kucing Anda di rumah. Inilah beberapa penyebab kucing mendadak tidak mau makan menurut Fetch WebMD:

Kucing sedang sakit

Sama seperti manusia maupun hewan peliharaan lainnya, kucing juga bisa kehilangan nafsu makan saat sakit. Ini dapat terlihat saat kucing kehilangan semangatnya karena merasakan sakit di dalam atau luar tubuh. 

Baca Juga: 6 Hal yang harus Anda siapkan di rumah, sebelum memelihara kucing

Efek setelah divaksin

Menurut Fetch WebMD, kucing bisa mendadak tidak mau makan setelah vaksin. Ini mungkin merupakan efek suntikan saat vaksin. Meski vaksin baik untuk kucing, namun ini tidak lepas dari efek samping sementara. 

Perjalanan jauh

Kucing ternyata juga bisa merasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau alat transportasi lainnya. Rasa mual atau tidak nyaman berakibat pada perilaku kucing yang mendadak tidak mau makan.

Kenali beberapa penyebab kucing mendadak tidak mau makan.

Lingkungan baru

Selain karena perjalanan jauh, perubahan yang drastis di lingkungannya juga menjadi salah satu penyebab kucing mendadak tidak mau makan. Apalagi jika kucing tersebut merasa tidak nyaman dengan perubahan lingkungan di sekitarnya. 

Kucing mengalami stres

Kucing mendadak tidak mau makan mungkin karena hewan peliharaan Anda sangat pemilih terhadap makanan yang disukainya. Di sisi lain, hilangnya nafsu makan juga bisa disebabkan karena stres. 

Fetch WebMD menjelaskan, perubahan suasana rumah atau orang baru dan perubahan rutinitas sehari-harinya berpengaruh pada perasaan kucing. Kucing yang stres atau cemas dapat kehilangan nafsu makannya. 

Selanjutnya: 6 Cara untuk mencegah kucing stress

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru