Lawan Meksiko, begini peluang Swedia melaju 16 besar

Rabu, 27 Juni 2018 | 17:06 WIB   Reporter: Willem Kurniawan
Lawan Meksiko, begini peluang Swedia melaju 16 besar

ILUSTRASI. Gol tendangan Toni Kroos membobol gawang Swedia


PIALA DUNIA 2018 - JAKARTA. Meksiko yang tampil mengesaankan pada dua laga terakhir dan hampir memastikan tiket melaju fase knock out 16 besar, terpaksa menunda euforia tersebut berkat aksi gol telat Toni Kroos di detik-detik akhir jelang laga usai kontra Swedia dan membawa tiga poin penuh.

Meksiko meski mengoleksi enam poin dari dua kemenangan, belum dapat bernapas lega karena terancam gagal lolos, jika kalah telak dari Swedia. Laga ini adalah pertemuan ke-10 Meksiko kontra Swedia di semua ajang kompetisi serta kali kedua di Piala Dunia. 

Di laga ini Meksiko diperkirakan akan bermain dengan kepercayaan diri penuh, namun tetap perlu berhati-hati. Hasil skor imbang saja 1-1 sudah cukup untuk mengantarkan Mexico menjadi juara group F.

Swedia yang membutuhkan kemenangan untuk memastikan nasib hidup dan mati di Piala Dunia 2018 Rusia dipastikan akan bermain terbuka dan menekan sejak peluit dibunyikan. 

Bagi timnas Swedia ini seperti pedang bermata dua, dimana ia akan menciptakan gol, namun akan sangat fatal jika terjadi kesalahan dalam komunikasi antar pemain ataupun dalam kontrol bola.

Meksiko diperkirakan masih akan menggunakan formasi 4-3-3 mereka yang terbukti mampu mengalahkan Jerman dan Korea Selatan, lalu melancarkan serangan balik dengan mengandalkan dua winger cepat mereka, Hirving Lozano dan Miguel Layun seperti dilaga-laga sebelumnya. 

Javier Hernandez tetap menjadi salah satu pemain andalan bagi Meksiko untuk membobol gawang Swedia. Meski tidak memiliki postur tinggi besar, namun penyerang Meksiko ini mampu menempatkan posisi dan timing yang tepat untuk mencetak gol.

Begini hitung-hitungannya; Swedia akan lolos jika menang berapapun jumlah gol atas Meksiko tapi Jerman kalah dari Korea Selatan. Swedia akan mengoleksi enam poin sementara Jerman tetap tiga.

Bisa juga menang atas Meksiko dan laga Jerman dengan Korea Selatan berakhir imbang, dimana unggul enam poin sedangkan Jerman empat poin.

Menang atas Meksiko dengan jumlah gol lebih banyak, dan Jerman menang dari Korsel dengan jumlah gol lebih sedikit, sehingga Swedia lolos dengan selisih gol.

Skenario Swedia paling buruk jika seandainya imbang melawan Meksiko, asalkan Jerman kalah dari Korsel, sehingga Swedia unggul selisih satu poin. Sekarang yang jadi pertannyaanya, mampukah Korea Selatan mengalahkan Jerman? Menarik dinanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru