Lebih akurat, drone jadi andalan perencanaan pembangunan wilayah

Rabu, 01 Juli 2020 | 14:39 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Lebih akurat, drone jadi andalan perencanaan pembangunan wilayah

ILUSTRASI. Dinas Potensi Kedirgantaraan (Dispotdirga) melakukan proses penyemprotan disinfektan menggunakan drone di kawasan perkantoran, Sudirman, Jakarta, Jumat (27/03).


RISET/PENELITIAN - Pemanfaatan drone untuk perencanaan pembangunan wilayah kian marak. Drone merupakan pesawat tanpa awak untuk mempermudah visibilitas manusia terhadap lingkungan.

Awalnya, drone tercipta sebagai alat tempur militer. Tapi, mulai 2000-an, pesawat nirawak ini juga mendukung para peneliti dalam perumusan perencanaan pembangunan di suatu wilayah.

Jaehyeon Park, visiting researcher di Urban Planning and Adjunct Research, adalah salah satu peneliti yang merasakan betul manfaat drone terhadap perencanaan pembangunan kota.

Baca Juga: Mengenal Global Hawk, drone canggih Korea Selatan yang siap intai Korea Utara

Dalam artikelnya yang tayang di The Conversation, Park mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan sangat cocok menggunakan drone untuk memudahkan memantau segala potensi wilayah.

“Sebenarnya, untuk perencanaan kota meliputi banyak aspek, entah itu dari segi bidang yang berkelanjutan, seperti transportasi, perumahan, budaya, pariwisata, bencana alam, dan pertanian,” kata Park.

Terlebih, Park menegaskan, perencanaan pembangunan yang baik harus berpatokan pada data penelitian yang kuat dan valid. Untuk itu, drone bisa sebagai solusi guna menghapus keterbatasan sumber daya perencanaan.

Baca Juga: Bidik Riyadh, Houthi serang Arab Saudi dengan rudal balistik dan drone

Park mencontohkan Caroline M. Gevaert dari Universitas Twente, Belanda, yang menemukan keuntungan dari penggunaan drone saat melakukan penelitian mengenai permukiman infomal di Rwanda, Afrika. Gevaert mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik serta informasi pun lebih akurat.

Menyusul kesuksesan Gavert mengolah hasil risetnya, Profesor Arsitekstur dari Utah State University Keunhyun Park pun mewajibkan rekan penelitiannya menggunakan drone sebagai tools penelitian lapangan yang andal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru