Makanan kucing Persia yang sebaiknya Anda pilih sebagai pemilik

Senin, 05 Oktober 2020 | 15:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Makanan kucing Persia yang sebaiknya Anda pilih sebagai pemilik

ILUSTRASI. Makanan kucing Persia perlu Anda perhatikan agar kebutuhan nutrisinya terjaga.


HEWAN PELIHARAAN - JAKARTA. Sering kali, terlalu banyak pilihan membuat Anda kesulitan memilih makanan kucing Persia mana yang tepat. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Mulai dari lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Kucing Persia menyukai protein. Mengutip dari Purr Craze, jenis kucing ini membutuhkan tiga kali protein agar tetap sehat. Nantinya, protein itu akan dipecah menjadi asam amino yang digunakan sebagai energi.

Selain protein, ada nutrisi lain yang harus dipenuhi dalam makanan kucing Persia, yaitu lemak, mineral, dan vitamin. Lemak berperan dalam metabolisme tubuh dan membantu distribusi nutrisi kucing.

Sementara mineral berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH, oksigen, dan penggunaan nutrisi. Di sisi lain, vitamin juga penting untuk pertumbuhan kucing Persia. Kebutuhan nutrisi ini perlu ditunjang dengan ketersediaan air yang mencukupi agar kucing Persia tak mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Agar seimbang, makanan kucing Persia sebaiknya terdiri dari wet food dan dry food. Dry food adalah makanan kucing dengan harga yang lebih murah dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Jenis makanan ini juga mengandung energi sehingga cocok untuk Kucing Persia yang aktif.

Namun, jika kucing Persia Anda memiliki penyakit ginjal, diabetes, atau masalah di saluran kencing, wet food merupakan pilihan yang tepat karena teksturnya yang lembut dan basah. Jenis makanan kucing ini juga mengandung protein dan lemak yang lebih banyak.

Makanan kucing Persia yang perlu dihindari

Sebaiknya, selalu baca label makanan sebelum Anda memberikannya pada Kucing Persia. Purr Craze mengatakan, ada beberapa kandungan yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan oleh Kucing Persia, misalnya karbohidrat.

Baca Juga: Harga Kucing Persia mahal? Ini alasannya

Hal itu disebabkan oleh ketidakmampuan kucing Persia memproduksi enzim untuk mencerna makanan yang mengandung karbohidrat. Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang terbuat dari jagung dan gandum. Sebagai karnivora, kucing Persia akan lebih suka diberi daging.

Selain karbohidrat, ada makanan dari bahan lain yang sebaiknya tidak diberikan pada kucing Persia. Misalnya, makanan yang mengandung BHA, rendered fat, propylene glicol, dan BHT.

Selanjutnya: 3 Cara merawat anak kucing agar tumbuh sehat dan bahagia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru