Messi dan Ronaldo puncaki daftar pesepakbola dengan pendapatan tertinggi di dunia

Rabu, 25 Maret 2020 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Messi dan Ronaldo puncaki daftar pesepakbola dengan pendapatan tertinggi di dunia

ILUSTRASI. Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo (kemeja putih) berbincang dengan megabintang Barcelona, Lionel Messi (paling kiri)


SEPAK BOLA - JAKARTA. Dua megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain sepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia. 

Striker Barcelona Lionel Messi, menempati urutan pertama sebagai pesepak bola dengan pendapatan tertinggi. 

Berdasarkan data yang dihimpun majalah France Football, peraih enam gelar Ballon d'Or itu ditaksir akan memiliki pendapatan sebesar € 131 juta atau sekitar Rp 2,28 triliun pada tahun ini. Angka ini meliputi gaji, bonus, hingga pendapatan dari iklan. 

Baca Juga: Perangi virus corona, Lionel Messi dan Pep Guardiola sumbang € 1 juta

Sementara itu, penyerang Juventus Cristiano Ronaldo berada di posisi kedua. Ronaldo, yang mengumpulkan lima gelar Ballon d'Or, akan meraup pendapatan sebesar € 118 juta atau Rp 2,05 triliun tahun ini. 

Dikutip dari AS, angka yang didapat Ronaldo tahun ini meningkat € 5 juta daripada tahun lalu. 

Di urutan ketiga ditempati striker Paris Saint-Germain, Neymar. Pemain internasional Brasil ini juga mengalami peningkatan pendapatan pada tahun ini. Pemain Brasil tersebut ditaksir akan memiliki kocek hingga € 95 juta atau sekitar Rp 1,65 triliun. 

Untuk urusan pelatih, juru taktik Atletico Madrid Diego Simeone masih menempati urutan teratas. Simeone memiliki pendapatan € 40,5 juta, setara Rp 703,11 miliar per tahun. 

Disusul oleh pelatih Inter Milan Antonio Conte dan juru taktik Manchester City Pep Guardiola. Conte diprediksi memiliki kocek € 30 juta euro atau Rp 520,66 miliar, sementara Pep € 27,5 juta atau Rp 477,28 miliar. 

Baca Juga: Potensi pamangkasan gaji, ini sikap skuad Barcelona

Studi tentang insan sepak bola dengan pendapatan tertinggi dalam sepak bola dilakukan France Football sejak 1999. (Nirmala Maulana Achmad)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemain dengan Pendapatan Tertinggi, Messi dan Ronaldo Teratas".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru