Pabrikan otomotif Prancis, Renault akan boyong SUV Kiger ke Indonesia

Selasa, 19 Mei 2020 | 07:50 WIB Sumber: Kompas.com
Pabrikan otomotif Prancis, Renault akan boyong SUV Kiger ke Indonesia

ILUSTRASI. Renault telah menghadirkan produk terbaru di India yakni Triber. Mobil yang disebut sebagai mobil keluarga karena kemampuannya mengangkut tujuh penumpang ini juga akan hadir di Indonesia.


OTOMOTIF - JAKARTA. Pabrikan otomotif asal Prancis, Renault, menyatakan bahwa masih memiliki amunisi untuk meramaikan pasar kendaraan bermotor roda empat di Indonesia.

Usai menghadirkan model Triber, Kwid Climber, dan Duster di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek, berencana untuk membawa sport utility vehicle ( SUV) Kiger.

Baca Juga: Renault potong dividen, serta menurunkan target laba tahun 2020

"Saya rasa, Renault Kiger itu mobil yang bagus dan menarik dari hasil pengembangan Triber. Jadi kalau ada produk seperti itu, tentunya kita akan bawa ke sini," kata Chief Operationg Officer (COO) PT MRI , Davy J Tuilan dalam diskusi virtual, Senin (18/5/2020).

"Dipastikan akan dibawa ke Indonesia. Tapi mengenai waktunya, kita harus rundingkan dahulu ya. Sebab tahun ini pameran otomotif mundur semua, bahkan ada yang ditiadakan," lanjutnya.

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat dipastikan bahwa debut perdana Kiger di Tanah Air bakal berada di pameran otomotif nasional. Lantas apakah dimulai tahun depan?

Davy masih belum bisa memastikannya. Untuk diketahui, Kiger merupakan kompak SUV terbaru dari Renault yang bakal diluncurkan kali pertama di India pada Juli 2020. Mobil merupakan pengembangan langsung dari Triber, kendaraan keluarga terpopulernya.

Berdasarkan bocorannya, konsep dari mobil ini mirip dengan Renault Symbioz yang meluncur pada Desember 2017 dan disisipi nuansa "bersahabat" dari Triber.

Baca Juga: Khawatir kehabisan duit, Renault mengantre bantuan pinjaman Prancis

Maka, lampu depan akan terpisah dari DRL LED berbentuk C yang menyudut begitu agresif. Kiger akan dibekali mesin 1.0 liter tiga silinder dengan turbocharged, transmisi CVT 5 percepatan.

Mesin itu mampu menghembuskan tenaga sebesar 99 bhp dan torsi maksimum 160 Nm. SUV ini diperkirakan memiliki beragam fitur kekinian seperti lampu LED, pelek 16 inci, antena sirip hiu, infotainment layar sentuh dengan Apple CarPlay & Android Auto, kluster instrumen full digital, AC belakang dan banyak lagi. (Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Renault Mau Bawa SUV Kiger ke Indonesia",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru