Panasonic rilis produk water purification system, dibanderol Rp 9 jutaan

Kamis, 06 Februari 2020 | 16:06 WIB   Reporter: Muhammad Julian
Panasonic rilis produk water purification system, dibanderol Rp 9 jutaan

ILUSTRASI. FILE PHOTO - A man is seen next to Panasonic Corp's logo at Panasonic Center in Tokyo, Japan, February 2, 2017. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


INDUSTRI ELEKTRONIK - JAKARTA. PT Panasonic Gobel Indonesia meluncurkan produk penyaring/pemurni air bernama water purification system pada Kamis (6/2). Produk yang akan mulai dipasarkan pada April 2020 mendatang ini nantinya akan lebih banyak menyasar segmen pasar pelaku bisnis dengan skema penjualan business-to-business (B2B).

“Kami sudah bekerja sama dengan REI (Real Estate Indonesia) untuk mendapatkan kerja sama penjualan dan pemasaran,” jelas Product Manager Life Solutions PT Panasonic Gobel Indonesia, Rawenda ketika ditemui usai acara peluncuran water purification system pada Kamis (6/2).

Baca Juga: Jadi pemasok Tesla, Panasonic cetak laba ¥ 100,4 miliar di kuartal III

Lebih lanjut, Rawenda mengatakan bahwa pihaknya sudah mengantongi pemesanan sebanyak 30% dari target penjualan produk water purification system untuk periode tahun fiskal  April 2020 - Maret 2021 dari beberapa anggota REI. Adapun target penjualan yang dikejar pada periode tahun fiskal 2020 adalah sebanyak 10.000 unit.

Sebagai informasi, water purification system merupakan produk baru Panasonic Gobel Indonesia yang diklaim mampu membuang lebih dari  95% kandungan material lumpur dan 95% zat besi yang terkandung dalam air.

Pengembangan research & development (R&D) dari produk ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Sampel atawa prototipe dari produk ini sudah diuji coba pada daerah perumahan di wilayah Bekasi, Tasikmalaya, dan Bandung dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: Panasonic Gobel Indonesia Mengerek Pangsa Pasar AC

Rawenda mengatakan produk water purification system memiliki potensi penjualan yang sangat besar dengan potensi pertumbuhan penjualan hingga melebihi dua kali lipat.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan bahkan menargetkan bisa menjual produk water purification system dengan nilai penjualan hingga Rp 600 miliar per tahunnya pada tahun fiskal 2025 mendatang.

“Ini kan bisnis baru, artinya pertumbuhannya bukan 10%-20%, tapi bisa dobel hingga tiga kali lipatnya,” ujar Rawenda.

Baca Juga: Lewat kompetisi dan sertifikasi, Panasonic tingkatkan kualitas teknisi AC

Produk water purification system sendiri rencananya akan dihargai sekitar Rp 9 jutaan. 

Produk ini diproduksi di pabrik Panasonic yang berlokasi di Bogor dengan kapasitas terpasang sebesar 30.000 unit per tahun. Adapun komponen tertentu seperti misalnya komponen seperti misalnya penyaring atawa filter dipasok dari Jepang.

Ke depannya, produk water purification system yang diproduksi di Bogor juga akan dijual secara ekspor dengan menyasar negara-negara di ASEAN seperti Thailand dan Vietnam pada tahun fiskal 2021 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru