Pasir di pantai pink Pulau Komodo banyak dicuri wisatawan domestik

Sabtu, 05 Oktober 2019 | 17:25 WIB   Reporter: Azis Husaini
Pasir di pantai pink Pulau Komodo banyak dicuri wisatawan domestik

ILUSTRASI. Wisata Labuan Bajo


WISATA -JAKARTA. Pantai dengan pasir warna merah muda dan karang serta kerang aneka bentuk yang terdampar di pantai-pantai Taman Nasional Komodo begitu indah untuk dipandang.

Tak heran banyak wisatawan dalam maupun luar negeri tertarik membawa pasir, kerang, dan karang dari pantai di TN Komodo sebagai sovenir. "Kalau (wisatawan) yang nakal ( bawa pasir, karang, kerang) ada tetapi nggak banyak," kata operator tur di Labuan Bajo, Luthfi Hakim ditemui di acara trip pemenang lomba foto Indonesia Sustainable Tourism Award Festival 2019, di Labuan Bajo, NTT, Senin (30/9/2019).

Baca Juga: Pulau Komodo tak jadi ditutup untuk kunjungan wisatawan, ini alasannya

Luthfi mengatakan wisatawan yang gemar membawa pasir, karang, atau kerang dari pantai TN Komodo biasanya adalah wisatawan domestik. Ia juga mengatakan banyak wisatawan yang akhirnya tertahan di bandara karena membawa pasir, kerang, atau karang.

Seorang petugas Aviation Security (Avesec) di Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT mengatakan baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri sering ditahan karena membawa pasir, kerang, dan karang.

"Kalau wisatawan luar negeri sukanya bawa pasir, kalau wisatawan dalam negeri sukanya bawa kerang atau karang," jelas petugas Avsec.

Saat di Bandara Komodo, Labuan Bajo kamu dapat melihat tumpukan botol mineral plastik berisi pasir warna-warni, kerang dan karang mati dalam berbagai bentuk dan ukuran. "Sampai saat ini (sanksinya) disita, nanti pasir dan lainnya ini dikembalikan oleh pihak bandara ke tempat semula," kata petugas Avsec tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jangan Nekat Bawa Pulang Pasir dari Pulau Komodo, Bisa Dipenjara!

Penulis : Silvita Agmasari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini

Terbaru