Pelancong kapal pesiar membludak di libur Lebaran

Rabu, 04 Juli 2018 | 21:55 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Pelancong kapal pesiar membludak di libur Lebaran

ILUSTRASI. Kapal pesiar Regent Explorer


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Berwisata menggunakan kapal pesiar menjadi momen tersendiri bagi wisatawan yang hobi berpelesir. Berbagai kegiatan dan fasilitas yang diberikan serta bisa mengunjungi beberapa negara dengan kapal pesiar menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang hobi berpelesir dan penasaran bagaimana rasanya berkeliling negara menggunakan kapal persiar.

Jadi, tak heran jika beberapa tahun terakhir minat masyarakat untuk berlibur dengan kapal pesiar makin tinggi terutama pada saat libur panjang seperti libur Lebaran kemarin. Hal tersebut bisa dilihat dari permintaan paket liburan cruise yang meningkat dari  Panorama JTB Tour Indonesia, salah satu platform travel online yang juga menawarkan paket wisata cruise.

Hellen Xu, CEO Panorama JTB Tours mengatakan ada pertumbuhan yang sangat signifikan pada permintaan wisata cruise periode libur Lebaran kemarin yakni meningkat sekitar 130% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Kalau dibandingkan dengan sebulan sebelumnya ada kenaikan sekitar 20%," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (4/7).

Hal tesebut terjadi karena minat masyarakat untuk holiday on cruise terus meningkat sejak dua tahun terakhir yang juga sebanding dengan fasilitas kapal yang disediakan seperti kamar dan makanan yang mewah.

"Sekarang liburan pakai kapal itu sangat menarik karena selain kamar dan fasilitas yang mewah wisatawan juga bisa menikmati hiburan, fasilitas olahraga, wisata belanja, hingga perawatan kecantikan di dalam kapal," ujarnya.

Saat ini, tambah Hellen paket cruise yang ditawarkan Panorama JTB Tours adalah ke Singapura, China, Korea, Jepang, Taiwan, Alaska, Karibia, dan Eropa.

“Sementara yang paling favorit itu rute Singapore, Penang/Lengkawi (Malaysia), Phuket (Thailand), Alaska (Amerika dan Kanada), Santorini (Yunani)," ujarnya.

Ditanya soal pendapatan, Hellen enggan buka-bukaan hanya saja ia optimistis permintaan paket wisata kapal pesiar bisa terus meningkat hingga libur akhir tahun dan tahun baru.

Hal tersebut juga dialami Javatravell, salah satu biro wisata yang menawarkan paket wisata kapal pesiar ini mengklaim telah mencatat pertumbuhan pendapatan pada setiap momen liburan terutama saat libur Lebaran kemarin.

Armelia Listiani, Manager Tour Operation Javatravell mengatakan ada lonjakan permintaan pada momen libur Lebaran sekitar 40%-50% dibandingkan dengan keberangkatan reguler biasanya.

"Animo masyarakat terhadap wisata cruise ini sekarang cukup tinggi jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya karena mereka penasaran bagaimana rasanya liburan ke luar negeri dengan kapal pesiar," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (4/7).

Menurutnya, dari permintaan tersebut setidaknya perusahaan berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan sekitar 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain itu, kata Armelia saat ini Javatravell menyediakan paket cruise ke semua negara dan destinasi yang paling banyak diminati adalah Phuket Thailand. Dengan harga paket mulai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per orang per paket. Dan yang termahal Rp 20 juta per orang.

Lanjut Armelia, biasanya yang menggunakan jasa Javatravell untuk cruise mayoritas diisi oleh keluarga yang ingin liburan, pasangan baru, serta grup perusahaan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru