Pemkab Banyuwangi incar turis AS

Senin, 09 Juli 2018 | 18:10 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Pemkab Banyuwangi incar turis AS

ILUSTRASI. Penambang belerang di Kawah Gunung Ijen


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terus berupaya menjaring turis asing bertandang ke destinasi wisata di sekitar Banyuwangi. Salah satunya adalah pelancong asal Amerika Serikat (AS).  

Menurut Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, pihaknya sengaja mengincar turis asal Amerika lantaran waktu singgah dan uang belanja yang dikeluarkan lebih lama dan banyak ketimbang wisatawan mancanegara dari negara lainnya.

Dari rata-rata sekitar 300.000 turis AS yang datang ke Indonesia setiap tahunnya, ia berharap bisa menjaring sekitar 3% atau 10.000 turis AS ke Banyuwangi. Sedangkan destinasi favorit turis Amerika tak lain adalah Bali. "Setidaknya kami berupaya menarik jumlah kunjungan turis Amerika Serikat," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/7).

Untuk bisa merealisasikan hal itu, pihaknya sudah mengirim sejumlah delegasi untuk bertemu dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Kebetulan pihak Kedubes Indonesia memberi kesempatan kepada Pemkab Banyuwangi mempromosikan beragam destinasi wisata ke 80 pelaku usaha pariwisata AS yang tergabung dalam American Society of Travel Agents (ASTA).

Bbeberapa destinasi pariwisata Banyuwangi yang diperkenalkan di antaranya Kawah Ijen dengan fenomena api biru (blue flame), destinasi G-Land yang merupakan salah satu pantai berombak terbaik di dunia untuk berselancar, dan destinasi lainnya serta menampilkan tarian budaya yakni Tarian Gandrung.

"Ke depannya melalui kesempatan tersebut kami harapkan dapat membuka kerjasama antara agen wisata AS dan pemerintah dalam mendatangkan wisatawan AS ke Indonesia khususnya Banyuwangi," kata Azwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru