Penting untuk lulusan baru! Ini skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang

Kamis, 30 Juli 2020 | 11:34 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting untuk lulusan baru! Ini skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang

ILUSTRASI. Penting untuk lulusan baru! Ini skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang


MENCARI KERJA -  Semakin banyak jumlah pencari kerja, berimbas pada kesempatan mendapat pekerjaan yang semakin berkurang. Agar bisa bersaing, Anda perlu membekali diri dengan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Sering lulusan baru atau fresh graduate kesulitan mendapatkan pekerjaan. Kebanyakan dari mereka menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Ada banyak faktor yang membuat lulusan baru sulit mendapat pekerjaan. Mulai dari segi pembuatan CV hingga skill yang belum mumpuni. 

Baca juga: Asyik, 6 kelompok pelanggan PLN ini dapat insentif listrik, ini rinciannya

Tahukah Anda skill yang dibutuhkan di dunia kerja bukan selalu hard skill? Hard skill adalah kemampuan seseorang dalam suatu bidang, semisal akuntansi atau teknik. 

Semua perusahaan sekarang mencari kandidat dengan soft skill yang mumpuni selain hard skill. Soft skill dibutuhkan agar suatu perusahaan tetap mampu berjalan dengan baik. 

World Economic Forum melihat dan meneliti tentang fenomena soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang. Berikut adalah skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Sama seperti hard skill, soft skill harus dipelajari dan diasah. Untuk mengembangkan soft skill tersebut, Anda bisa ikut pelatihan baik online maupun di seminar. Bergabung dengan berbagai kegiatan juga membantu Anda mengembangkan soft skill

  • Kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain

Skill yang dibutuhkan di dunia kerja yang pertama adalah mampu berkoordinasi dengan baik. Mungkin terdengar sepele, tapi tidak semua mampu untuk melakukannya.

Manusia terkadang memiliki ego yang cukup tinggi, terlebih jika berkaitan dengan pekerjaan. Tidak jarang pekerja segan atau gengsi untuk bekerjasama dengan sesama pegawai. 

Mampu berkoordinasi dengan orang lain dibutuhkan agar target bisa tercapai. Masalah yang dihadapi bersama juga bisa lebih cepat terselesaikan. Hal ini tentunya menguntungkan bagi berbagai pihak.

  • Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional menjadi skill yang dibutuhkan selanjutnya. Dalam hal ini kecerdasan emosional berarti Anda mampu mengolah emosi dengan baik. 

Tidak semua orang mampu mengendalikan emosi mereka. Sering kali kita melihat orang-orang yang gampang emosi. Hal ini kemudian berpengaruh ke berbagai aspek.

Saat Anda bekerja, akan ada banyak hal yang membuat emosi Anda campur aduk. Tapi Anda dituntut untuk bisa bersikap profesional dan tidak terbawa emosi. 

Kritikan bahkan saran selalu bisa membuat emosi Anda berubah. Dalam dunia kerja emosi tersebut tidak boleh mempengaruhi performa Anda. Dalam situasi apapun Anda harus menyikapinya dengan profesional dan netral.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru