Penyelenggaraan kejuaraan badminton asia tahun 2020 ditunda karena wabah virus corona

Rabu, 18 Maret 2020 | 16:03 WIB Sumber: BolaSport
Penyelenggaraan kejuaraan badminton asia tahun 2020 ditunda karena wabah virus corona

ILUSTRASI. Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan rekannya Hendra Setiawan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Kejuaraan Asia 2020 resmi ditunda setelah pandemi virus Corona alias Covid-19 kian meluas di seluruh belahan dunia. Dilansir BolaSport.com dari Badminton Indonesia, keputusan tersebut disampaikan oleh Presiden Konfederasi Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Confederation/BAC) Anton Subowo melalui surat pengumuman kepada seluruh anggota asosiasi bulu tangkis di Asia.

Dalam pengumuman tersebut, BAC mengatakan bahwa mereka dan Asosiasi Bulu Tangkis Filipina sepakat bahwa Kejuaraan Asia 2020 tidak akan digelar di Manila seperti halnya Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2020.

Baca Juga: Presiden asosiasi sepak bola Jepang positif terinfeksi virus corona

Kejuaraan Asia 2020 semula dijadwalkan berlangsung di Wuhan, China, pada 21-26 April mendatang. Namun, lokasi penyelenggaraan kemudian dipindah ke Manila karena penyebaran virus Corona berasal dari Wuhan. Kini, BAC mengonfirmasi bahwa Kejuaraan Asia 2020 tidak akan digelar di Manila karena negara Filipina juga terkena pandemi Covid-19. 

Sejauh ini, BAC belum mengambil keputusan pembatalan kejuaraan, tetapi mereka juga masih belum bisa menentukan waktu penyelenggaraan yang baru. "Kejuaraan Asia memang ditunda sampai waktu yang nanti akan ditentukan," ucap Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI Bambang Roedyanto.

Kejuaraan Asia 2020 semula dijadikan sebagai turnamen terakhir yang masuk dalam periode penghitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, BWF telah mengumumkan ada 14 turnamen yang sudah resmi dibatalkan, termasuk sejumlah turnamen BWF World Tour yang masuk ke penghitungan poin kualifikasi Olimpiade.

Editor: Handoyo .

Terbaru