Perhelatan Gran Fondo New York mendapat sambutan meriah dari peserta

Senin, 03 September 2018 | 13:42 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Perhelatan Gran Fondo New York mendapat sambutan meriah dari peserta

ILUSTRASI. Batuhoda


OLAHRAGA - JAKARTA. Pelaksanaan Gran Fondo New York (GFNY) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, disambut sangat antusias. Buktinya, 800 peserta dari 24 negara ambil bagian. GFNY Samosir 2018 dibagi dalam dua kategori. Yaitu 108 kilometer (KM) dan 158 KM. Para peserta mengambil selfie di sejumlah spot indah di Samosir.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku sangat bangga daerah yang dipimpinnya bisa menggelar event ini. “Event ini merupakan keroyokan. Ada dukungan dari Pemkab Samosir, Kementerian Pariwisata, pihak keamanan, bahkan founder GFNY juga hadir,” papar Rapidin.

Rapidin menilai event ini sangat penting. Terutama untuk mengangkat pariwisata Danau Toba. “Dari event ini, kita memperkenalkan pariwisata Samosir ke peserta mancanegara. Makanya dukungan penuh kita berikan,” katanya.

Sementara Kabid Pemasaran Area I Regional I Kementerian Pariwisata Alfin Merancia menilai event sport tourism ini menjadi langkah bagus untuk pariwisata Samosir. 

“Sebagai sport tourism, penyelenggaraan GFNY di Samosir merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Samosir. Karena para atlet sudah menjelma menjadi wisatawan,” sebut Alfin dalam siaran persnya, Senin (3/9).

Alfin berharap event ini bisa kembali terlaksana tahun depan. Alfin yakin pelaksanaan tahun depan akan lebih baik. Dan lebih go internasional. “Sekarang sudah ada penerbangan langsung yang menghubung Bandara Silangit dengan Subang, Malaysia oleh Malindo,” paparnya.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area IV Kementerian Pariwisata Heri Hermawan, mengatakan pariwisata sangat terangkat dengan sport tourism. “Efeknya bagi ekonomi sudah bisa langsung dirasakan. Penginapan penuh. Kuliner dan souvenir pun menjadi pilihan wisatawan,” tutur Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru