Persiapan Jaya Ancol sambut malam Tahun Baru

Kamis, 28 Desember 2017 | 22:54 WIB Sumber: Kompas.com
Persiapan Jaya Ancol sambut malam Tahun Baru


TAHUN BARU - Taman Impian Jaya Ancol akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menampung pengunjung yang ingin merayakan malam pergantian tahun. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kemacetan yang terjadi di sana.

“Kita targetkan di tanggal 31 Desember 2017 ada sekitar 280.000 pengunjung, dan di tanggal 1 Januari ada 140.000 pengunjung. Maka dari itu kita akan lakukan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir, dan area beach pool bebas dari kendaraan yang bisa melintas hanya bus wara-wiri,” kata General Manager Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto dalam konferensi pers acara Pesona Indonesiaku di Segarra Resto Ancol Jakarta, Rabu (26/12).

Ia menjelaskan untuk mengurangi kemacetan di malam pergantian tahun, rencananya pihak Ancol akan berlakukan sentral parkir mulai tanggal 31 Desember 2017 pada pukul 05.00 WIB hingga 1 Desember 2018 pukul 24.00 WIB.

Nantinya, menurut Sunarto, ada tiga kantong parkir yang diberlakukan yakni di bagian Timur, Tengah, dan Barat yang digunakan untuk kendaraan roda empat.

“Kantong parkir kawasan Timur ada di Pantai Carnaval, kawasan Tengah sentral parkir A dan B ada di dekat Seaworld, dan kawasan barat di dekat pasar seni,” ujarnya.

Adapun kapasitasnya kantong-kantong parkir ini yakni di kawasan Timur untuk 6.000 mobil, kawasan Tengah untuk 5.000 mobil, dan kawasan Barat 2.000 mobil.

“Jadi area utama beach pool bebas kendaraan, nantinya ada jalur khusus pejalan kaki, jalan untuk akses bus wara-wiri, dan parkir motor. Sepeda motor dikumpulkan di satu kantong parkir di area beach pool,” kata Sunarto.

Pada tanggal 31 Desember 2017 pagi sekitar pukul 05.00 WIB, kendaraan hanya bisa masuk ke wilayah Ancol melalui pintu timur. Setelah itu, sekitar pukul 10.00 WIB barulah kendaraan bisa masuk melalui pintu timur dan barat yang kemudian langsung diarahkan ke sentral parkir.

Karena kendaraan pribadi tidak dapat melintas di area utama atau beach pool, maka Ancol menyediakan tambahan inner transport gratis yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Menambah 109 bus wara-wiri yang saat ini totalnya ada 112 bus. Lalu juga menambah dua kereta sato-sato sehingga total menjadi empat kereta. Keduanya dapat diakses di wilayah Ancol dari Pantai Carnaval sampai ke Dunia Fantasi juga sebaliknya selama 24 jam. (Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com Ancol Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Malam Pergantian Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru