Pertandingan terhenti dua bulan, pemasukan klub-klub Liga Inggris menurun drastis

Selasa, 12 Mei 2020 | 21:08 WIB Sumber: BolaSport
Pertandingan terhenti dua bulan, pemasukan klub-klub Liga Inggris menurun drastis

ILUSTRASI. Liga Inggris


SEPAK BOLA - JAKARTA. Klub-klub peserta Liga Inggris 2019-2020 harus menerima konsekuensi besar jika kompetisi digelar tanpa penonton. Liga Inggris 2019-2020 telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020.

Selama nyaris dua bulan ditangguhkan, otomatis pemasukan klub-klub kontestan Liga Inggris menurun drastis. Pemasukan klub yang raib antara lain dari sektor tiket pertandingan, merchandise, dan hak siar televisi, terutama pertandingan Premier League.

Baca Juga: Hore, Liga Inggris resmi dimulai lagi pada Juni 2020, tapi tanpa penonton

Hak siar memegang peranan terbesar bagi kekuatan finansial klub-klub Liga Inggris dengan jumlah yang diterima secara merata jika disiarkan secara internasional. Namun, nominal tersebut akan berbeda untuk hak siar domestik bergantung pada jumlah pertandingan yang disiarkan secara langsung.

Dalam sebuah rapat jarak jauh, perwakilan klub Liga Inggris telah membahas mengenai kelanjutan kompetisi. Pembahasan mengenai waktu kembalinya kompetisi Liga Inggris juga didiskusikan dan besar kemungkinan sisa kompetisi digelar secara tertutup, tidak akan dihadiri oleh penonton.

Hal tersebut juga menjadi kabar buruk bagi klub mengingat pertandingan tertutup atau tanpa penonton berkaitan erat dengan hak siar. Dilansir BolaSport.com dari The Sun, klub-klub Liga Inggris musim ini dipastikan harus membayar kompensasi atau pengembalian uang pada lembaga pemegang hak siar domestik dan internasional.

Pembayaran itu harus dilakukan sesuai perjanjian awal yang dilakukan antara Premier League, klub, dan lembaga pemegang hak siar. Dalam hal ini, pihak klub dan Premier League dianggap sudah melanggar perjanjian terkait jadwal yang terganggu.

Baca Juga: Bakal dapat pengecualian, GP Formula 1 Inggris berpotensi tetap digelar bulan Juli

Estimasi awal nominal refund ke lembaga hak siar sebesar 350 juta pounds (sekitar Rp 6,4 triliun). Angka tersebut harus dibayar meski kompetisi dilanjutkan mengingat sekitar 47 laga telah disiarkan secara langsung.

Bencana lebih besar bagi klub dan Premier League bakal terjadi jika kompetisi benar-benar dibatalkan. Bila kompetisi terhenti, jumlah yang harus dibayar klub menjadi lebih besar. Mandeknya liga akan membuat klub-klub diwajibkan membayar refund senilai 760 juta pounds (sekitar Rp 13,9 triliun) ke lembaga pemegang hak siar.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Digelar Tanpa Penonton, Klub-Klub Liga Inggris Harus Bayar Kompensasi Hak Siar Rp6,4 Triliun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru