SBMPTN 2020, Hal penting sebelum mengambil Jurusan Kuliah

Kamis, 02 Juli 2020 | 08:14 WIB Sumber: Kompas.com
SBMPTN 2020, Hal penting sebelum mengambil Jurusan Kuliah

ILUSTRASI. Ilustrasi SBMPTN 2020, Hal penting sebelum mengambil Jurusan Kuliah(13/4/2019).


UTBK-SBMPTN - JAKARTA. Dengan dibukanya SBMPTN 2020, banyak siswa yang menggantung harapan mereka untuk meneruskan pendidikan lebih lanjut. Banyak dari mereka ingin mewujudkan cita-cita yang sudah dibangun sedari kecil, atau merealisasikan keinginan orang tua.

Tapi sebelum Anda memilih jurusan mana yang akan Anda pilih dalam SBMPTN 2020, pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu. Mencari tahu serta menimbang-nimbang sebelum memilih jurusan bisa mempermudah Anda kedepannya saat kuliah berlangsung. 

Yuk, kita coba telusuri satu persatu pertimbangan agar tak salah pilih jurusan dalam SBMPTN 2020 nanti.

  • Cari tahu kemampuan diri

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti SBMPTN 2020, ada baiknya Anda melihat kemampuan diri Anda. Pemilihan jurusan sebanding dengan kemampuan diri akan memberikan banyak hal positif kedepannya. 

Pahami bidang apa yang selama ini menjadi strength point Anda selama di bangku SMA. Jika nilai pelajaran fisika Anda lebih unggul, jurusan seperti teknik bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika Anda lebih unggul dalam bidang bahasa, sastra bisa menjadi jurusan yang pas untuk Anda.

Memilih jurusan berdasarkan kemampuan diri akan mempermudah Anda saat menerima materi kuliah. Dengan begitu, Anda bisa menjalani masa kuliah dengan lebih nyaman. 

  • Lihat passion Anda 

Selain kemampuan diri, minat atau passion bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih jurusan SBMPTN 2020. Jika asal masuk saja tanpa mempertimbangkan passion, kemungkinan akan muncul rasa bosan atau “salah jurusan” ditengah-tengah masa kuliah. 

Ada banyak cerita dimana mahasiswa merasa tidak cocok dengan jurusan yang mereka ambil. Imbasnya, kebanyakan dari mereka memilih untuk pindah jurusan, mengambil tes di tahun berikutnya, atau mandek di tengah jalan. 

Baca Juga: BREAKING NEWS: Jadwal pengumuman SBMPTN diundur hingga Agustus 2020

  • Kebutuhan pasar

Sebagian besar peserta SBMPTN 2020 berharap jika setelah selesai masa perkuliahan, mereka bisa segera mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa jurusan yang high demand, dimana akan terus dibutuhkan oleh perusahaan dan berbagai instansi lainnya. Dengan Anda memilih jurusan yang sering dibutuhkan, kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan setelah lulus juga akan meningkat. 

Jurusan-jurusan seperti akuntansi, IT, dan manajemen sumber daya manusia, menjadi contoh dari beberapa jurusan yang selalu dicari oleh perusahaan. Tetapi semuanya kembali kepada individu masing-masing, dimana individu yang ulet dan mau berkembang lah yang banyak dicari oleh banyak instansi. 

  • Biaya kuliah dan lainnya

Perlunya kalkulasi biaya kuliah per semester menjadi hal yang krusial saat pemilihan jurusan di SBMPTN 2020 ini. Jangan sampai Anda memilih jurusan tertentu yang membebankan biaya tinggi, tetapi keuangan Anda belum mencukupi. 

Biaya hidup jika Anda memilih universitas di luar kota kelahiran, juga harus Anda perhitungkan sebelumnya. Harga indekos perbulan ditambah biaya makan dan kebutuhan sehari-hari, plus biaya kebutuhan kuliah harus dikalkulasi dengan cermat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru